Kamis 11 Jun 2020 21:50 WIB

Telur di Kapuas Hulu Langka, Sebutir Tembus Rp 3.500

Warga mengeluhkan sulitnya mendapatkan telur ayam.

Pekerja mengambil telur ayam di peternakan. ilustrasi
Foto: ARIF FIRMANSYAH/ANTARA
Pekerja mengambil telur ayam di peternakan. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KAPUAS HULU -- Warga Kota Putussibau, Kapuas Hulu Kalimantan Barat saat ini mengeluhkan sulitnya mendapatkan telur ayam. Telur ayam sulit didapatkan baik di toko sembako pasar mau pun di minimarket di daerah setempat.

"Sudah beberapa hari ini kami sulit mendapatkan telur, tadi pagi saya hanya dapat di salah satu toko sembako di pasar pagi, itu pun harganya Rp 3.500 per  butir," kata seorang pembeli, Wahyuni (32), di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Kamis (11/6).

Baca Juga

Dikatakan Wahyuni, biasanya harga telur hanya Rp 1.700 hingga Rp2.000 per - butir dan mudah diperoleh di minimarket dan toko sembako. Menurut dia, kenaikan dan kelangkaan telur tersebut mesti menjadi perhatian serius pemerintah.

"Biasanya kalau sudah telur naik, yang lain juga menyusul naik, kita pun tidak tahu penyebabnya kenapa telur agak langka," ucap Wahyuni.

Sementara itu, Amoy, salah satu karyawan toko sembako Pasar Pagi Putussibau, mengakui memang telur saat ini sulit di dapatkan. Untuk mendapatkan telur bahkan harus mencari ke Sintang.

"Setahu saya saat ini hanya toko tempat saya bekerja yang menjual telur dengan harga Rp2.200 per - butir, toko lain mungkin ada tapi harga beda, apalagi di minimarket belum ada jual," kata Amoy.

Menanggapi persoalan tersebut, Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Kapuas Hulu, Abang Chairul Saleh mengatakan akan melakukan pengecekan ke pasar dan sejumlah toko sembako terkait kelangkaan dan harga sembako." Kami akan cek dulu, apa penyebabnya telur langka dan cukup mahal, apakah harga mahal dari Pontianak atau hanya memang mahalnya cuma di Putussibau, setelah itu baru kita ambil langkah," kata Chairul.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement