Monday, 10 Muharram 1444 / 08 August 2022

Reisa Ingatkan Covid-19 Bisa Bertahan 72 Jam di Plastik

Kamis 11 Jun 2020 16:51 WIB

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Friska Yolandha

 Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengingatkan warga untuk lebih rajin mencuci tangan.

Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengingatkan warga untuk lebih rajin mencuci tangan.

Foto: Republika/Thoudy Badai
Mencuci tangan dengan baik dan benar sangat penting dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro mengingatkan virus Covid-19 bisa bertahan hingga 72 jam di permukaan plastik dan juga besi tahan karat. Berdasarkan sejumlah penelitian, Covid-19 juga bisa bertahan kurang dari 24 jam di kertas karton dan sekitar empat jam di atas permukaan tembaga.

“Jadi, selalu ingat untuk sering-sering mencuci tangan karena kemungkinan besar kita bisa menyentuh permukaan-permukaan tersebut kalau kita berada di luar rumah,” kata Reisa saat konferensi pers, Kamis (11/6).

Baca Juga

Karena itu, Reisa mengatakan, mencuci tangan dengan baik dan benar sangat penting dilakukan. Sebab, lebih dari seribu jenis kuman, baik itu bakteri, virus, dan jamur dapat terbawa di tangan. Bahkan, bagi profesi tertentu seperti tenaga kesehatan yang bekerja di rumah sakit, potensi terbawanya kuman di tangan jauh lebih besar lagi.

Kondisi inipun akan semakin memperbesar potensi tertular virus covid-19. Berdasarkan anjuran dari WHO, cuci tangan yang baik dan benar dilakukan selama sekitar 20 detik.

“Dan apabila langsung menyentuh mata, hidung, dan mulut kita tanpa cuci tangan terlebih dahulu, maka dapat dipastikan bakteri, kuman, dan terutama virus covid 19 ini akan masuk ke tubuh kita dengan mudah,” tambah dia.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA