Kamis 11 Jun 2020 08:03 WIB

Benny Tanadi: Sekarang Saatnya Semua Orang Bisnis Online

Benny Tanadi: Sekarang Saatnya Semua Orang Bisnis Online

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Benny Tanadi: Sekarang Saatnya Semua Orang Bisnis Online. (FOTO: Egogohub Indonesia)
Benny Tanadi: Sekarang Saatnya Semua Orang Bisnis Online. (FOTO: Egogohub Indonesia)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Menyikapi dampak ekonomi yang disebabkan meluasnya pandemi Covid-19, e-commerce enabler Egogohub Indonesia mendorong Anda untuk segera ikut merebut peluang di sektor e-commerce.

Sebab meski memengaruhi hampir semua sektor kehidupan, Covid-19 telah meningkatkan transaksi e-commerce di seluruh dunia, tak terkecuali di Indonesia. Artinya peluang besar menanti siapa pun yang mau berkecimpung di sektor ini.

Benny Tanadi, Presiden Direktur Egogohub Indonesia, mengungkapkan, sejak pandemi Covid-19 merebak, survei oleh banyak otoritas e-commerce dunia, seperti Criteo-Perancis, menerakan angka kenaikan transaksi e-commerce global hingga 50%, Asia Tenggara bahkan mencapai 80%. Di Tanah Air, menurut Nielsen, 30% dari mereka yang baru pertama kali belanja online mengaku akan kembali melakukannya.

Baca Juga: Kembali Bergeliat, Ini Strategi Bisnis GoWork di New Normal

Di sisi lain, pertambahan penjual juga mengalami kenaikan signifikan. Menurut Priscilia Anis, AVP of Product Tokopedia, ada pertambahan dua juta penjual baru pada platform mereka hanya dalam kurun waktu tiga bulan sejak pandemi meluas di Indonesia. 

"Transaksi semua kategori produk yang ditangani Egogohub Indonesia juga melambung. Yang terkecil 20-30%, namun hampir sebagian besar melambung di atas 100%, bahkan ada yang hingga 300%," ungkap Benny Tanadi. 

Melambungnya nilai transaksi tersebut diyakini Benny sebagai dampak langsung kebijakan tetap di rumah, penyekatan wilayah, penutupan toko dan pasar, pembatasan transportasi umum, dan ketakutan akan risiko penularan yang disebabkan aktivitas jual-beli tatap muka.

Akibatnya, perilaku konsumen berubah. Mereka yang telah berbelanja online menjadi semakin sering melakukannya dan mereka yang belum pernah, semakin banyak yang mulai melakukannya.

Sebagai e-commerce enabler, Egogohub Indonesia biasa menerima permintaan kerja sama dari brand lokal maupun luar negeri, baik skala UMKM maupun yang telah besar. Demikian juga email atau telepon dari orang-orang yang ingin meningkatkan penjualan e-commerce mereka atau yang baru ingin mulai. 

"Sejak pandemi meluas, permintaan dan telepon ini meningkat tajam dan 'dapat ditebak', mereka yang kemudian menjadi partner kami berhasil meraih hasil positif dalam waktu sangat cepat," ungkap Benny. 

Untuk diketahui, e-commerce enabler merupakan perusahaan yang menyediakan berbagai layanan untuk bisnis berbasis e-commerce atau dalam istilah umum, bisnis online. Layanan yang diberikan biasanya bersifat A to Z, dari mulai urusan kreatif desain, foto atau video produk sampai pengepakan dan pengiriman barang.

Baca Juga: Peluang Bisnis Startup Pasca Pandemi Covid-19

Egogohub Indonesia atau perusahaan sejenis adalah solusi bagi siapa pun yang ingin berbisnis online, tapi punya keterbatasan sumber daya, infrastruktur, pengalaman maupun keahlian khusus yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

Benny menegaskan sekarang adalah saat yang tepat bagi semua orang untuk mulai berbisnis online. Semua usaha dalam berbagai skala. 

"Dampak jangka panjang Covid-19 pada ekonomi memang penuh ketidakpastian. Tapi satu hal bisa saya pastikan, pasar terbesar sekarang ada di e-commerce. Apa pun produk Anda, calon pembeli terbesar Anda kini ada di sana," tutup Benny.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement