Rabu 10 Jun 2020 20:06 WIB

Derbi Merseyside Bisa Digelar di Goodison Park

Everton dan Liverpool dibolehkan melakoni laga kandang di markas masing-masing.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Liverpool vs Everton
Foto: REPUBLIKA/Iftah Israr
Liverpool vs Everton

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Berdasarkan pertemuan berbagai pihak yang tergabung dalam Kelompok Penasihat Keselamatan Stadion (GSAG), Liverpool dan Everton, akhirnya diperbolehkan melakoni laga kandang di markas masing-masing pada sisa Liga Primer Inggris musim ini. Pun dengan laga derbi Merseyside edisi ketiga pada musim ini, yang bakal digelar di Stadion Goodison Park, Senin (22/6) dini hari WIB.

Laga tersebut akan menjadi laga perdana buat Everton dan Liverpool usai penghentian sementara Liga Primer musim ini akibat pandemi Covid-19. Tidak hanya itu, di laga itu, the Reds juga memiliki kesempatan untuk mengunci gelar Liga Primer. Pasalnya, Liverpool telah unggul 25 poin di puncak klasemen sementara.

Namun, bersama dengan enam laga lain, laga tersebut terancam digelar di tempat netral lantaran berpotensi memancing kerumunan suporter dari kedua tim untuk berkumpul di sekitar area stadion. Kandang Southampton, Stadion Saint Mary, sempat menjadi opsi untuk menggelar laga ini.

Kendati begitu, berdasarkan pertemuan antara kelompok suporter Everton, Blue Union, dan kelompok suporter Liverpool, Spirit of Shankly, perwakilan dari kedua klub, Dewan Kota Liverpool, Kepolisian Merseyside, dan Pemadam Kebakaran Liverpool, Stadion Goodison Park telah mendapatkan lampu hijau untuk menggelar laga derbi Merseyside tersebut.

Tidak hanya itu, baik Liverpool dan Everton pun bakal mendapatkan izin untuk menggelar laga kandang di Stadion Goodison Park dan Stadion Anfield di sisa Liga Primer musim ini. Secara khusus, perwakilan kelompok suporter dari kedua tim siap memberikan jaminan untuk tidak datang ke stadion dan berkerumun saat tim-tim pujaannya merumput.

''Kami yakin suporter dari kedua klub akan tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan. Kami sepenuhnya memahami soal pentingnya mematuhi semua protokol kesehatan dan akan mengingatkan semua anggota kelompok suporter untuk tidak datang ke stadion ataupun berkerumun dalam jumlah besar,'' tulis pernyataan bersama Blue Union dan Spirit of Bill Shankly seperti dikutip BBC, Kamis (10/6).

Pertemuan antara pihak terkait tersebut difasilitasi oleh Dewan Kota Liverpool. Nantinya, Dewan Kota Liverpool akan memberikan rekomendasi dan sertifikat keamanan kepada pihak-pihak terkait, termasuk Liga Primer Inggris dan otoritas kesehatan, untuk memberikan izin penyelenggaraan pertandingan, baik di Stadion Goodison Park ataupun Stadion Anfield.

''Kami telah mempertimbangkan banyak faktor, terutama keselamatan pemain, staf pelatih, dan ofisial pertandingan. Kami yakin, semua langkah yang dilakukan akan memungkinkan laga itu digelar tanpa penonton. Kami akan meminta Dewan Kota untuk segera menerbitkan sertifikat keamanan agar semua pertandingan itu bisa digelar,'' kata salah satu anggota Dewan Kota Liverpool, Wendy Simon.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement