Selasa 09 Jun 2020 16:37 WIB

Rekor 1.043 Kasus Baru Covid-19, DKI-Jatim Tertinggi

Total pasien positif Covid-19 sampai saat ini tercatat sebanyak 33.076 orang.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Andri Saubani
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. (ilustrasi)
Foto: ANTARA /Nova Wahyudi
Juru bicara pemerintah untuk penanganan Covid-19 Achmad Yurianto. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Timur menjadi daerah dengan penambahan kasus positif Covid-19 tertinggi pada Selasa (9/6), berbarengan dengan tercapainya rekor baru angka kasus baru harian yang tembus 1.043 orang. DKI Jakarta memimpin dengan 232 kasus baru dalam satu hari terakhir, sementara Jawa Timur menyusul dengan 220 kasus baru.

Provinsi lain yang menyumbang tambahan kasus positif Covid-19 cukup banyak adalah Sulawesi Selatan dengan 180 kasus baru, Kalimantan Selatan dengan 91 kasus baru, Sulawesi Utara dengan 41 kasus baru, dan disusul provinsi lain dengan jumlah penambahan lebih rendah.

Baca Juga

Dalam beberapa kali kesempatan, Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto sempat menjelaskan bahwa penambahan kasus di DKI Jakarta juga mencakup kasus baru yang berasal dari pekerja migran yang baru saja mendarat di Bandara Soekarno-Hatta.

Namun, dalam rilis kali ini Yurianto tidak menjelaskan apakah 232 kasus baru di DKI Jakarta mencakup pekerja migran atau murni warga yang beraktivitas di ibu kota. Republika sudah mencoba menanyakan ulang hal ini kepada Yurianto, namun belum mendapat respons.

Dalam keterangan pers hari ini juga dijelaskan bahwa ada 17 provinsi di Indonesia yang mencatatkan penambahan kasus baru Covid-19 kurang dari 10 orang dalam 24 jam terakhir. Bahkan ada tujuh provinsi dengan penambahan nol kasus baru.

Rinciannya, tujuh provinsi yang tidak ada kasus baru Covid-19 adalah Aceh, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Sementara itu, provinsi lain dengan penambahan kasus antara 1 hingga 10 orang, antara lain DI Yogyakarta dengan 2 kasus baru, Kalimantan Utara dengan 1 kasus baru, Nusa Tenggara Barat dengan 8 kasus baru, Sulawei Tenggara dengan 4 kasus baru, Lampung dengan 3 kasus baru, Riau dengan 2 kasus baru, Maluku utara dengan 4 kasus baru, Maluku dengan 8 kasus baru, Papua Barat dengan 4 kasus baru, dan Gorontalo dengan 5 kasus baru.

"Dengan penambahan kasus sembuh. seperti Jawa Timur dengan 220 kasus baru dan 85 sembuh. Sulawesi Selatan 180 kasus dan 31 sembuh. Kalimantan Selatan melaporkan 91 kasus baru dan 1 sembuh. Sulawesi Utara 41 kasus baru dan nol sembuh," kata Yurianto, Selasa (9/6).

Dengan penambahan yang lebih dari 1.000 orang ini, maka total kasus positif Covid-19 sampai saat ini tercatat sebanyak 33.076 orang. Yurianto menjelaskan, seluruh angka penambahan kasus positif Covid-19 didapat dari pemeriksaan terhadap 16.181 spesimen dalam satu hari terakhir. 

Penambahan pasien sembuh dalam 24 jam terakhir tercatat ada 510 orang. Angka tertinggi disumbangkan oleh DKI Jakarta dengan 165 pasien Covid-19 yang sembuh, diikuti Jawa Timur dengan 85 pasien sembuh, Jawa Tengah dengan 80 pasien sembuh, dan provinsi lain dengan jumlah yang lebih rendah.

Selain itu, terdapat pula penambahan pasien meninggal dunia sebanyak 40 orang sehingga totalnya 1.923 pasien Covid-19 meninggal dunia. Pemerintah melalui otoritas kesehatan di seluruh daerah juga masih melakukan pemantauan terhadap 38.394 orang dalam pemantauan (ODP) dan 14.108 pasien dalam pengawasan (PDP).

photo
Beda Herd Immunity Alami dan Via Vaksinasi - (Republika)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement