Selasa 09 Jun 2020 10:42 WIB

Cara Cari Alamat Lebih Akurat dengan Google Maps

Google memudahkan pencarian alamat dengan kode khusus.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Google Maps.
Foto: The Verge
Google Maps.

REPUBLIKA.CO.ID, CALIFORNIA -- Dalam era digital, alamat lokasi yang dijabarkan berdasar nama jalan dan wilayah terkadang kurang dapat membantu. Mengingat, kini masyarakat juga lebih akrab untuk mencari lokasi secara akurat lewat Google Maps.

Nah, agar pengguna dapat menemukan secara lebih akurat, Google pun telah menerapkan kode khusus yang dapat menggantikan alamat lokasi yang dijabarkan berdasar nama jalan dan wilayah. Dilansir dari Phone Arena pada Selasa (9/6), kode khusus itu disebut juga dengan plus code.

Baca Juga

Dengan plus code itu, maka pengguna Google Maps dapat menemukan lokasi secara lebih akurat dan mudah dibanding menggunakan alamat lokasi yang dijabarkan berdasar nama jalan dan wilayah. Plus code ini merupakan sebuah alamat digital yang dikembangkan lewat konversi titik bujur dan lintang versi Google.

Plus code ini pun dapat memudahkan pengguna untuk menemukan lahan atau lokasi yang memang belum memiliki alamat pasti. Mengingat, titik ini dikembangkan berdasar koordinat yang dapat dengan mudah digunakan dalam Goolge Maps.

Kode yang terdiri dari kombinasi angka dan huruf kapital ini juga mudah digunakan dan disalin atau copy paste. Penggunanya pun sangat fleksibel karena dapat diterapkan baik dalam Google Maps mobile maupun desktop atau web browser.

Google menilai, kode unik ini memang sengaja dihadirkan untuk dapat membantu seseorang menemukan lokasi meski sama sekali tak mengetahui alamat suatu lokasi secara pasti. Fitur ini pun dikembangkan untuk membantu dalam kondisi darurat.

Mengigat, fitur ini dapat dengan akurat memberikan koordiat digital dengan mudah dan cepat. Apalagi, Google menyebut bahwa 25 persen lokasi dan populasi di bumi belum tercakup dalam alamat yang pasti. Hal inilah yang kemudian memotivasi Google untuk mengembangkan plus code sejak 2015.

Cara penggunaan kode ini pun cukup mudah. Dalam Google Maps, pengguna cukup tap atau hold pada titik yang dimaksud. Setelah itu, akan muncul deskripsi dari lokasi tersebut.

Dalam deskripsi itu, terdapat sebuah kode unik yang terdiri dari huruf, angka dan lambang plus. Kode itu lah yang disebut sebagai code plus yang dapat disalin dan dibagikan dengan mudah. Selanjutnya, kode itu dapat disalin dalamkolom pencarian Google Map dan akan langsung merujuk pada lokasi tersebut dengan akurat

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement