Selasa 09 Jun 2020 03:17 WIB

Kaum Oportunis Coba Sabotase Hubungan Iran dan Afghanistan

Hubungan Iran dan Afghanistan sedang diuji pada kasus kematian pengungsi ilegal

Rep: IRNA/ Red: Elba Damhuri
Tentara Angkatan Darat Afghanistan berjaga di pangkalan militer 207
Foto: EPA-EFE/JALIL REZAYEE
Tentara Angkatan Darat Afghanistan berjaga di pangkalan militer 207

REPUBLIKA.CO.ID, KABUL -- Kaum oportunis di Iran dan Afghanistan telah menyingsingkan lengan baju mereka untuk merusak hubungan Teheran-Kabul dengan dalih berbeda.

Baru-baru ini, tiga pengungsi ilegal Afghanistan terbunuh dan empat lainnya cedera selama kecelakaan mobil di provinsi Iran tengah, Yazd.

Kecelakaan ini menjadi viral setelah diramaikan beberapa oportunis yang menentang hubungan baik antara Iran dan Afghanistan.

"Polisi sesuai prosedur akan menembaki mobil ketika pengemudi mengabaikan peringatan," kata Jafar Atai, kata seorang aktivis media Afghanistan. Media sosial di Afghanistan ikut mengeruhkan suasana itu, Atai menambahkan.

Mengacu pada pernyataan yang dibuat oleh Duta Besar Afghanistan untuk Iran Abdulghafour Lival, dikatakan kecelakaan mobil terjadi karena kinerja para penyelundup yang melakukan perjalanan di dalam mobil.

Dia kemudian menunjukkan bahwa pernyataan ini telah dikutip oleh salah seorang pengungsi di dalam mobil.

Ini adalah kecelakaan yang harus ditindaklanjuti, tetapi orang-orang harus tahu bahwa mereka tidak dapat mengubah perilaku orang lain melalui kata-kata kasar. 

Atai mengatakan menasihati [orang Afghanistan] untuk menemukan bahasa yang tepat untuk mengekspresikan tuntutan mereka jika mereka mengharapkan Iran mengambil perilaku manusia .

Dia lebih lanjut mengkritik media sosial Afghanistan karena memilih bahasa yang bermusuhan untuk mengekspresikan tuntutan mereka.

Dalam perkembangan terkait, duta besar Afghanistan untuk Teheran, juga berbicara tentang masalah ini, mengatakan bahwa pejabat Iran telah berkomitmen untuk mengidentifikasi pelaku di balik insiden itu dan menghukum mereka.

Lival telah menekankan bahwa pengemudi dan pengedar narkoba adalah orang-orang yang menyebabkan kecelakaan mobil.

Tentu saja, langkah destruktif seperti itu telah banyak dikritik oleh orang-orang Afghanistan.

Koresponden Afghanistan lainnya juga percaya pejabat Afghanistan dan Iran harus mengambil langkah-langkah yang lebih serius untuk meninjau kembali urusan yang berkaitan dengan para pengungsi.

Para ahli percaya penyelundup berada di belakang peristiwa tragis ini. Puluhan orang setiap hari kehilangan nyawa di gurun dan pegunungan karena tempat-tempat itu adalah rute bagi para penyelundup untuk mengangkut narkoba dan pengungsi.

Meysam, seorang aktivis media sosial, telah menulis meskipun orang memiliki hak hukum untuk menyerukan hukuman bagi mereka yang menyebabkan insiden itu, tuntutan tersebut harus disampaikan melalui cara-cara yang benar.

Sekarang pertanyaannya adalah di mana orang-orang yang berkumpul di depan Kedutaan Besar Iran ketika beberapa orang Iran yang tidak bersalah dibakar dalam api Taliban di Ghazni, pusat Afghanistan.

Sebagai reaksi atas kecelakaan mobil Yazd, pemerintah Iran dan kementerian luar negeri Afghanistan telah menyatakan mereka akan menindaklanjuti kasus ini sampai keadilan ditegakkan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement