Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

Monday, 24 Rajab 1442 / 08 March 2021

AP II Uji Coba Pengecekan Dokumen Penerbangan Secara Digital

Senin 08 Jun 2020 11:04 WIB

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi

Travelation AP II

Travelation AP II

Foto: travelation.angkasapura2.co.id
Uji coba terus dilakukan hingga aplikasi Travelation sempurna.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) melakukan uji coba pengecekan dokumen penerbangan calon penumpang secara digital dengan menyiapkan aplikasi Travelation. Hal ini diharapkan membuat proses pemeriksaan dokumen lebih praktis.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan uji coba tersebut dilakukan hari ini (8/6) dan calon penumpang dapat mengakses melalui travelation.angkasapura2.co.id. Uji coba dilakukan untuk penumpang di sejumlah penerbangan Citilink Indonesia di Terminal 2 Soekarno-Hatta dan penumpang Garuda Indonesia di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Dengan menyiapkan aplikasi tersebut, penumpang pesawat bisa mengunggah dokumen syarat penerbangan seperti hasil tes RT-PCR atau rapid test, KTP, dan surat keterangan perjalanan dan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM). Selanjutnya dokumen tersebut dilakukan pengecekan secara digital.

Baca Juga

Awaludin memastikan mengatakan uji coba terus dilakukan hingga aplikasi Travelation sempurna dan siap diluncurkan. "Hadirnya aplikasi Travelation ini adalah lebih membuat proses pemeriksaan dokumen perjalanan di bandara lebih praktis, efisien, dan cepat di tengah prosedur yang dijalankan dengan ketat di bandara saat pandemi Covid-19," kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, kemarin malam. 

Rencananya, aplikasi Travelation secara perdana akan diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta. Awaluddin memastikan untuk selanjutnya penerapan aplikasi tersebut akan dilakukan di bandara-bandara yang dikelola AP II. 

Sementara itu, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan Novie Riyanto menilai pengecekan dokumen secara digital cukup baik. "Ini mungkin bisa dikaji untuk juga diintegrasikan dengan maskapai," ujar Novie. 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA