Senin 08 Jun 2020 10:25 WIB

PSBB Transisi, Stasiun di Pasar Minggu Terpantau Lengang

Pengguna kereta terlihat tertib mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Rep: Rizkyan Adiyudha/ Red: Ratna Puspita
Protokol Kesehatan. Suasana Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terpantau lengang pada hari pertama pembukaan kembali perkantoran, Senin (8/6).
Foto: Republika/Kurnia Fakhrini
Protokol Kesehatan. Suasana Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terpantau lengang pada hari pertama pembukaan kembali perkantoran, Senin (8/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Suasana Stasiun Pasar Minggu, Jakarta Selatan, terpantau lengang pada hari pertama pembukaan kembali perkantoran, Senin (8/6). Pantauan Republika.co.id hingga pukul 09.00 WIB, tidak terlihat kepadatan dan desakan yang terjadi di peron stasiun tersebut. 

Pengguna kereta juga terlihat tertib mengikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah. Pengguna terlihat masuk dengan menggunakan masker dan saling menjaga jarak.

Baca Juga

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) memang menerapkan sejumlah protok kesehatan guna mencegah penyebaran virus Covid-19 di tengah masyarakat. KCI memeriksa suhu tubuh setiap penumpang yang akan menggunakan jasa kereta api. Sejumlah petugas juga disiagakan di pintu masuk tiket stasiun tersebut.

Kepala Stasiun Pasar Minggu Suriyaldi memastikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah diterapkan oleh petugas dan penumpang kereta. Kendati demikian, dia enggan untuk mengomentari lebih lanjut terkait penerapan protokol kesehatan yang telah ditetapkan tersebut.

"Kalau kami memastikan bahwa protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh KCI pusat itu telah dijalankan dengan baik," singkat Suriyaldi. 

Berdasarkan pantauan, ada tiga petugas gabungan terdiri dari TNI, petugas KCI dan keamanan yang disiagakan di setiap pintu tiket sebelum memasuki peron stasiun. Sejumlah gerai seperti toko waralaba atau toko makanan di Stasiun Pasar Minggu juga sudah mulai beraktivitas normal. Salah satu petugas toko swalayan yang berada di stasiun mengatakan aktivitas normal itu baru dimulai pada Senin (8/6) ini. 

Dia mengatakan, gerai ritelnnya tutup pada pasa PSBB tahap pertama hingga ketiga lalu. Gerai ritel tersebut mulai beroperasi pada pukul 09.00 hingga 21.00 WIB. Dia mengatakan, pengelola gerai hanya menugaskan dua orang untuk menjaga toko tersebut.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi tahap pertama. Pada tahap ini, pemprov telah memberikan izin bagi para pekerja untuk melakukan aktivitas di kantor mereka masing-masing.

Sebelumnya, KCI menambah jam operasional KRL dari 784 perjalanan KRL menjadi 892 perjalanan KRL mulai Jumat (5/6) lalu. Stasiun akan beroperasi mulai pukul 04.00 hingga 20.00 WIB. 

KCI rencannaya juga akan melakukan penyekatan di sejumlah titik di stasiun jelang pelaksanaan new normal di tengah pandemi Covid-19. Sekat tersebut didirikan guna mengatur sosial distancing atau jaga jarak antar penumpang jika terjadi kepadatan di peron stasiun.

"Bila diperlukan, petugas juga melakukan buka tutup pintu masuk stasiun," kata VP Corporate Communications PT KCI, Anne Purba saat di konfirmasi di Jakarta, Kamis (28/5). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement