Ahad 07 Jun 2020 16:36 WIB

Sneijder Klaim Bisa Sejajar dengan Messi dan Ronaldo

Banyak yang menilai Sneijder pada 2010 layak mendapatkan Ballon d'Or.

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto
Wesley Sneijder
Foto: Reuters/Ricardo Moraes
Wesley Sneijder

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Mantan pemain Inter Milan asal Belanda, Wesley Sneijder, mengklaim bahwa dirinya bisa berada di level pemain elite yang sama dengan Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo. Ia memiliki riwayat perjalanan apik bersama beberapa klub top Eropa, yaitu Ajax Amsterdam, Real Madrid, dan Inter.

Pada 2010, Sneijder mampu melampui Messi dan Ronaldo ketika membawa Inter mengalahkan Barcelona di semifinal Liga Champions. Di tahun tersebut, ia juga sukses membawa Belanda tembus ke babak final Piala Dunia namun dikalahkan Spanyol.

Banyak yang menilai Sneidjer tahun itu akan mendapatkan penghargaan pemain terbaik dunia (Ballon d’Or). Tetapi trofi bergengsi itu jatuh ke tangan Messi. Banyak pengamat menganggap hasil tersebut tak adil bagi Sneidjer yang tampil luar biasa di tahun tersebut.

"Saya bisa menjadi seperti Messi atau Ronaldo. Saya benar-benar tidak menyukainya. Saya menikmati hidup saya, mungkin saya memiliki segelas (anggur) saat makan malam. Leo dan Cristiano berbeda, mereka telah membuat banyak pengorbanan, dan itu tidak masalah bagi saya,” kata Sneidjer dilansir dari Goal, Ahad (7/6).

photo
Lionel Messi (kanan) dan Cristiano Ronaldo bersalaman. - (EPA-EFE/ANDY RAIN)

Kendati demikian, Snijder mengklaim perjalanan kariernya luar biasa. Hanya cedera yang membuat kariernya meredup bersama Inter. Ia kemudian dijual ke klub Turki, Galatasaray, pada 2013. Ia kemudian gantung sepatu pada 2019 setelah menjalankan tugas singkatnya di Nice dan Al-Gharafa.

Walaupun sudah tak menjadi pemain lagi, kecintaannya kepada Inter rupanya masih besar. Ia terus memantau perkembangan mantan klubnya itu. Ia bahkan memberikan tips kepada gelandang anyar Inter, Christian Eriksen, agar memberikan dampak luar biasa kepada Nerazzuri.

“Conte memiliki skuat yang besar dan dengan Eriksen di tim, ia akhirnya bisa membuat lompatan dalam kualitas. Christian telah bekerja dengan baik di Ajax dan kemudian di Tottenham. Sekarang, dia harus membangun dirinya di Italia," ujar Sneijder menjelaskan. "Dia memiliki banyak kualitas, dengan karakteristiknya, dia dapat dengan mudah menjadi salah satu pemimpin dalam grup baru.” 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement