Ahad 07 Jun 2020 15:00 WIB

Pusat Rehabilitasi Narkoba Meksiko Diserang, 10 Orang Tewas

Pusat rehabilitasi menjadi sasaran geng-geng kriminal untuk kendalikan narkoba.

Rep: Dwina Agustin/Rizky Jaramaya/ Red: Teguh Firmansyah
Police Line (ilustrasi)
Foto: www.nbcmiami.com
Police Line (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Serangan bersenjata terjadi di pusat rehabilitasi narkoba Meksiko di Kota Irapuato, Meksiko. Pelaku melepaskan tembakan ke pusat rehabilitasi dan menewaskan 10 orang di tempat tersebut.

Pemerintah negara bagian Guanajuato, melaporkan, tiga penyerang tidak dikenal menembaki pusat rehabilitasi di Irapuato, sebuah pusat industri di selatan ibukota negara bagian Guanajuato. Serangan ini juga terjadi di tempat lain.

Saat ini, polisi juga sedang menyelidiki pembunuhan tiga orang yang ditembak mati dalam serangan terpisah di Kota Celaya, tenggara Irapuato, pada hari yang sama. Peristiwa serangan beruntun ini memang menjadi wajah baru di Meksiko dalam memerangi narkoba.

Pusat-pusat rehabilitasi telah menjadi sasaran geng-geng kriminal yang mengobarkan perang untuk mengendalikan bisnis narkoba. Tempat ini menjadi sasaran serangan yang sering didatangi.

Guanajuato merupakan sebuah wilayah di Meksiko tengah yang memang menjadi perhatian pemerintah pusat. Presiden Andres Manuel Lopez Obrador telah berjanji akan mengatasi titik ini dari lonjakan kasus kekerasan geng.

Pada September 2017, setidaknya 14 orang tewas dan beberapa lainnya luka-luka dalam serangan oleh gangster. Mereka mengincar pusat rehabilitasi narkoba di kota utara Chihuahua.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement