Thursday, 25 Zulqaidah 1441 / 16 July 2020

Thursday, 25 Zulqaidah 1441 / 16 July 2020

Pertamina Bantu 2000 Alat Rapid Test Bagi Kabupaten Kebumen

Ahad 07 Jun 2020 11:09 WIB

Red: Hiru Muhammad

Upaya pencegahan dan deteksi dini terus dilakukan Pemerintah untuk terus menekan angka penyebaran Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan tes masal atau dengan menggunakan metode Rapid Diagnose Test (RDT). Sebagai upaya deteksi dini penyebaran, Pertamina turut membantu menyediakan alat RDT dan salah satunya diserahkan kepada Kabupaten Kebumen sebanyak 2000 unit alat RDT.  Tes cepat ini dilakukan guna memperluas jangkauan deteksi Covid-19 di masyarakat untuk kemudian dipetakan dalam bentuk klaster zona.

Upaya pencegahan dan deteksi dini terus dilakukan Pemerintah untuk terus menekan angka penyebaran Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan tes masal atau dengan menggunakan metode Rapid Diagnose Test (RDT). Sebagai upaya deteksi dini penyebaran, Pertamina turut membantu menyediakan alat RDT dan salah satunya diserahkan kepada Kabupaten Kebumen sebanyak 2000 unit alat RDT. Tes cepat ini dilakukan guna memperluas jangkauan deteksi Covid-19 di masyarakat untuk kemudian dipetakan dalam bentuk klaster zona.

Foto: istimewa
Di kebumen, 1300 pedagang dan pengunjung Pasar Tumenggungan menjalani rapid test.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN--Upaya pencegahan dan deteksi dini terus dilakukan Pemerintah untuk terus menekan angka penyebaran Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan melakukan tes masal atau dengan menggunakan metode Rapid Diagnose Test (RDT). Sebagai upaya deteksi dini penyebaran, Pertamina turut membantu menyediakan alat RDT dan salah satunya diserahkan kepada Kabupaten Kebumen sebanyak 2000 unit alat RDT.

Tes cepat ini dilakukan guna memperluas jangkauan deteksi Covid-19 di masyarakat untuk kemudian dipetakan dalam bentuk klaster zona. Seperti di Kab. Kebumen, sebanyak 1300 pedagang dan pengunjung Pasar Tumenggungan menjalani rapid test.

Wakil Bupati Kebumen, H Arif Sugiyanto SH, yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengungkapkan apresiasi kepada Pertamina yang secara aktif turut membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19 ini. Ia mengungkapkan bahwa pasar dipilih menjadi lokasi rapid test karena merupakan tempat keramaian yang memiliki potensi penyebaran Covid-19.

Arif menambahkan, jika dari rapid test ditemukan ada warga yang hasilnya reaktif. Maka warga diminta untuk melakukan karantina mandiri dan akan dilakukan swab test melalui uji Polymerase Chain Reaction (PCR) di laboratorium.

Anna Yudhiastuti selaku Unit Manager Comm, Rel & CSR PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region IV mengungkapkan Pertamina selaku BUMN terus berperan aktif  mendukung pemerintah dalam pencegahan penyebaran Covid-19. 

"Banyak upaya yang telah kami lakukan, selain berbagai langkah pencegahan penyebaran bagi lingkungan internal perusahaan, kami turut berperan aktif pula untuk membantu penyediaan alat medis seperti salah satunya bantuan alat RPD, bantuan sembako kepada masyarakat, handsanitizer,  wastafel portabel di beberapa titik keramaian dan lain sebagainya" terang Anna.

Pertamina melalui Marketing Operation Region IV akan terus berkoordinasi dan bekerjasama dengan seluruh pihak dalam upaya mengurangi penyebaran covid-19 di wilayah operasional Jawa Tengah dan Yogyakarta. 

Sebagai Badan Usaha Milik Negara, PT Pertamina (Persero) senantiasa terus memberikan informasi terkait penyaluran BBM, LPG, petrokimia serta produk Pertamina lainnya melalui berbagai platform media digital maupun konvensional. Jika ada masyarakat yang membutuhkan informasi atau memberikan masukan dan saran dapat menghubungi kontak Pertamina 135 atau melalui aplikasi MyPertamina yang dapat diunduh pada google playstore atau apple store.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA