Ahad 07 Jun 2020 01:56 WIB

Cara Aman Menyusui di Tempat Umum Saat New Normal

Meskipun di ruang laktasi, ibu harus tetap menerapkan cara aman dalam menyusui.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Ruang menyusui. Ketika menyusui di ruang publik, ibu harus melakukan langkah pencegahan agar diri dan bayinya tak tertular Covid-19.
Foto: Idealisa Masyrafina
Ruang menyusui. Ketika menyusui di ruang publik, ibu harus melakukan langkah pencegahan agar diri dan bayinya tak tertular Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika era normal baru tiba, ibu bisa saja terdesak menyusui di tempat umum. Bagaimana cara aman menyusui di tempat umum?

Salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan oleh ibu menyusui adalah faktor higienitas atau kebersihan. Sebelum menyusui di tempat umum, seperti di ruang laktasi, ibu harus mencuci tangan terlebih dahulu.

Baca Juga

"Kalau bisa dengan air mengalir dan sabun. Kalau tidak ya pakai hand sanitizer," jelas spesialis anak dan konsultan laktasi dr Yovita Ananta SpA IBCLC melalui edukasi daring yang diselenggarakan dalam rangka HUT Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) ke-66.

Selain itu, ibu menyusui juga harus menggunakan masker. Masker penting digunakan ketika berada di tempat umum mengingat pandemi Covid-19 masih berlangsung.

Walaupun menyusui di ruangan khusus, seperti di ruang laktasi, ibu disarankan tetap menggunakan selimut untuk menyusui (nursing cover). Alasannya, bisa saja di ruang laktasi tersebut ada ibu dan bayi lain yang juga sedang menyusui.

Penggunaan nursing cover dapat menjadi "penghalang" agar bayi tidak mudah terpapar oleh lingkungan di tempat menyusui. Dengan begitu, risiko penularan Covid-19 pun bisa berkurang.

"Walaupun di tempat menyusui, ibu tetap pakai nursing cover saja ya. Jadi antara ibu dan bayi lebih terpisah dengan bayi atau ibu-ibu yang lain," jelas Yovita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement