Ahad 07 Jun 2020 02:56 WIB

Menlu Retno Bersama Menlu Perempuan Dunia Bahas New Normal

Memberdayakan perempuan sebagai bagian dari solusi untuk memerangi Covid-19

Rep: Fergi Nadira / Red: Agus Yulianto

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi melakukan pertemuan secara virtual dengan para menlu perempuan lima negara, Jumat (5/6) malam. Para menlu perempuan membahas soal perempuan dan persiapan new normal atau kenormalan baru setelah pandemi Covid-19.

Hal ini disampaikan melalui Twitter resmi @Menlu_RI. "Bisnis seperti biasa buknlah opsi di "normal baru"- Ret," cicit Menlu Retno dalam Twitter resminya.

"Diskusi yang bagus tentang wanita dan normal baru dengan para menlu dari Australia, Spanyol, Jamaika, Kolombia, Afrika Selatan, Sudan, dan Swedia di Pertemuan Menlu Perempuan malam ini (05/06)," ujar Menlu Retno menambahkan.

Menlu Retno mengatakan, para pejabat negara harus mengatur ulang aturan-aturan dan memberikan lebih banyak perlindungan bagi perempuan. Kepada para menlu perempuan neagra-neagra tersebut, Retno menekankan, pentingnya perlindungan termasukk bagi perempuan pekerja migran, pengusaha perempuan khususnya UMKM, serta penjaga perdamaian perempuan.

"Kita perlu mengatur ulang otmbol dan memberikan lebih banyak perlindungan bagi perempuan," ujar Retno.

Bulan lalu, Retno juga telah membahas soal perempuan di masa pandemi bersama dengan para menlu perempuan dunia. Para menlu perempuan menitikberatkan peran perempuan dan perlindungan perempuan di masa pandemi ini. Dalam kesempatan tersebut, Retno juga menekankan, pentingnya perlindungan perempuan dari diskriminasi di bidang ekonomi, maupun akses ke perawatan kesehatan.

"Saya menekankan dua poin, pertama untuk melindungi perempuan melawan diskriminasi, baik dalam ekonomi, akses ke perawatan kesehatan atau akses ke stimulus yang disediakan pemerintah," kata Retno.

Dia juga menggarisbawahi betapa pentingnya peran perempuan sebagai bagian dari solusi untuk menghadapi pandemi Covid-19. "Untuk memberdayakan perempuan sebagai bagian dari solusi untuk memerangi Covid-19," ujar Retno.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement