Ahad 07 Jun 2020 00:47 WIB

UMY Temani UMS Puncaki PTS Terbaik 4ICU Uni-Rank

Prestasi yang diraih UMY ini merupakan hasil survei yang dilakukan oleh 4ICU Uni-Rank

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Agus Yulianto
Rektor UMY - Gunawan Budiyanto
Foto: Republika/ Wihdan
Rektor UMY - Gunawan Budiyanto

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali meraih prestasi yang membanggakan. UMY mendapatkan peringkat pertama perguruan tinggi swasta terbaik di DIY dan peringkat kedua perguruan tinggi swasta terbaik nasional.

Prestasi yang diraih UMY ini merupakan hasil survei yang dilakukan oleh 4ICU Uni-Rank. Ini merupakan sebuah pemeringkatan yang bertujuan untuk memberikan peringkat global berdasar popularitas website atau laman resmi universitas.

Baik dalam traffic, kepercayaan dan popularitas tautan yang berkualitas. Ada 571 pendidikan tinggi Indonesia diberikan peringkat Uni-Rank, dan sebelumnya harus memenuhi beberapa kriteria.

Mulai dari terakreditasi pemerintah (Kementerian Ristek-Dikti), menggelar tiga tingkatan pendidikan sarjana, magister dan doktoral. Serta, memiliki proses pembelajaran yang bervariasi.

Rektor UMY, Dr. Gunawan Budiyanto mengatakan, pemeringkatan yang dilakukan Uni-Rank ini merupakan salah satu wujud dari era revolusi industri 4.0 yang hampir semuanya dapat dilaksanakan secara daring dengan jaringan internet.

"Secara keseluruhan, kriteria popularitas website dari sebuah perguruan tinggi bisa jadi indikator melihat seberapa besar proses yang dilakukan perguruan tinggi dengan mengoptimalkan penggunaan atau akses internet," kata Gunawan, Jumat (5/6).

Selain kebutuhan informasi masyarakat mengenai PT dan kebutuhan akademik seperti jurnal, masifnya penggunaan online learning meningkat 460 persen di UMY selama pembelajaran jarak jauh menjadi pelengkap keberhasilan UMY.

"Pemeringkatan ini dapat jadi motivasi bagi perguruan tinggi untuk semakin meningkatkan kualitasnya agar tetap menjaga kepercayaan masyarakat dan akademisi," ujar Gunawan. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement