Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Monday, 22 Zulqaidah 1441 / 13 July 2020

Babi, Anggota Girlband yang Namanya Diolok Warganet Malaysia

Sabtu 06 Jun 2020 17:12 WIB

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda

Babi, salah satu anggota girlband K-pop, Fly With Me.

Babi, salah satu anggota girlband K-pop, Fly With Me.

Foto: Instagram
Nama asli Babi ialah So-young.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu anggota girlband K-pop Fly With Me menjadi bahan olokan warganet Malaysia karena nama panggungnya sama persis dengan nama binatang dalam bahasa Melayu. Penyanyi bernama asli So-young itu lebih tenar dengan nama Babi.

Di Malaysia, kata "babi" berkonotasi negatif. Biasanya, kata itu digunakan untuk mengejek atau merendahkan seseorang.

Warganet sempat melemparkan olok-olok dalam kolom komentar di akun Instagram Babi, contohnya dengan menyebut So-young sebagai "Babi tercantik di dunia". Ada juga yang memintanya mengubah nama panggung karena Babi seperti kata makian di Malaysia.

Atas komentar jahat yang ditujukan padanya, Babi pun geram dan mengecam semua komentator. Dia juga telah menonaktifkan atau membatasi komentar untuk setiap postingan di Instagram-nya.

“Orang Malaysia yang datang ke sini untuk mengejek nama saya harus melihat postingan ini. Kenapa kalian melakukan ini padaku? Hanya karena nama saya adalah bahan tertawaan Anda? Apakah Anda bersenang-senang dengan ini?" demikian kata Babi dalam sebuah unggahan yang kini sudah dihapus.

"Saya tidak tahu negara Anda, tapi kini saya tidak ingin mengetahuinya lagi," tambah Babi seperti dilansir laman Channel News Asia, Sabtu (6/6).

Babi menambahkan bahwa jika cemoohan berlanjut, dia akan melaporkan semua komentator dan memblokir akun yang terlibat. Namun, beberapa warganet angkat bicara tentang penindasan dan membela Babi, dengan mengatakan bahwa "Melayu bukan satu-satunya bahasa di dunia".

Ini bukan pertama kalinya warganet Malaysia mengolok-olok selebritas karena menggunakan kata "babi". Pada tahun 2018, penyanyi Dua Lipa harus mengubah pesan ulang tahunnya ke ayahnya di Instagram dari "Happy Birthday, Babi" menjadi "Happy birthday Dad" setelah diejek dalam kolom komentar.


Baca Juga

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA