Jumat 05 Jun 2020 23:47 WIB

Luhut: Saya Dewan Pengarah Penanganan Covid-19

Luhut mengklaim laju penyebaran Covid-19 menurun dalam tujuh hari terakhir.

Luhut Binsar Pandjaitan.
Foto: Infografis Republika.co.id
Luhut Binsar Pandjaitan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan posisinya sebagai anggota dewan pengarah dalam penanganan Covid-19. Karena itu, ia merasa bisa ikut menyampaikan upaya penanganan wabah tersebut.

Luhut seperti ingin mengklarifikasi banyak orang yang mempertanyakan kewenangannya mengatur penanganan corona. "Kenapa saya ikut bicara (penanganan Covid-19) seperti tahu? Karena saya itu anggota dewan pengarah. Jadi saya day to day (sehari-hari) ikut memberikan masukan, berikan koreksi juga," katanya saat memberikan kuliah umum virtual, Jumat (5/6).

                               

Ia menjelaskan, fokus penanganan Covid-19 dilakukan dengan membangun laboratorium pengujian, rumah sakit rujukan, hingga rumah sakit darurat. Pemerintah juga mengalokasikan anggaran pusat dan daerah untuk penanganan kesehatan, jaring pengaman sosial hingga penanganan dampak ekonomi.

 

                               

Luhut menjelaskan, dalam tujuh hari terakhir, laju penyebaran Covid-19 terus menurun. Dengan kapasitas pengujian yang juga terus bertambah, ia berharap tren kasus yang ada bisa menurun dan kondisi segera membaik.

                               

"Dalam tujuh hari terakhir, malah dua hari terakhir ini sudah di atas 10 ribu tes per hari kita lakukan. Presiden kemarin perintahkan untuk bisa masuk 20 ribu tes per hari," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement