Jumat 05 Jun 2020 23:11 WIB

Positif Covid-19 di Denpasar Bertambah 7 Kasus

Total pasien positif Covid-19 di Denpasar kini menjadi 117 orang.

Petugas mendata pemudik dan kendaraan yang memasuki wilayah Badung dan Denpasar dalam operasi penyekatan arus balik Lebaran di Terminal Mengwi, Badung, Bali, Kamis (4/6/2020). Kasus positif Covid-19 di Denpasar kini mencapai 117 orang.
Foto: ANTARA/Nyoman Hendra Wibowo
Petugas mendata pemudik dan kendaraan yang memasuki wilayah Badung dan Denpasar dalam operasi penyekatan arus balik Lebaran di Terminal Mengwi, Badung, Bali, Kamis (4/6/2020). Kasus positif Covid-19 di Denpasar kini mencapai 117 orang.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar, Provinsi Bali menyatakan kasus pasien positif infeksi virus corona tipe baru di daerah itu bertambah tujuh orang setelah dilakukan tes cepat di rumah sakit rujukan. Jumlah totalnya menjadi sebanyak 117 kasus positif

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Denpasar I Dewa Gede Rai mengatakan, ketujuh orang yang dinyatakan positif tersebut diketahui tertular akibat transmisi lokal dengan riwayat datang dari daerah terjangkit di Bali. Pasien terdiri lima orang perempuan yang masing-masing berdomisili di Kelurahan Peguyangan, Kelurahan Renon, Desa Sumerta Klod, Desa Tegal Kertha, dan Kelurahan Penatih. Lalu, ada dua orang laki-laki yang berdomisili di Kelurahan Penatih dan Kelurahan Renon.

Baca Juga

"Kami mendapatkan laporan dari tim bahwa tujuh orang dinyatakan positif Covid-19 di Kota Denpasar yang didominasi kasus transmisi lokal," katanya di Denpasar, Jumat.

Dewa Rai yang juga Kabag Humas dan Protokol Kota Denpasar meminta masyarakat untuk selalu memerhatikan protokol kesehatan. Ia menegaskan peningkatan kasus akibat transmisi lokal ini tidak bisa dipandang sepele, melainkan memerlukan upaya disiplin dan sungguh-sungguh masyarakat.

"Diperlukan kesadaran dan kedisiplinan yang tinggi semua elemen masyarakat dalam memutus mata rantai Covid-19. Semua daerah di Bali dan luar Bali sudah terpapar Covid-19, mari bersama sama kurangi perjalanan atau aktivitas di luar rumah dan kontak langsung dengan orang lain," katanya.

Melihat perkembangan kasus tersebut, Dewa Rai mengingatkan bahwa kasus Covid-19 di Kota Denpasar akhir-akhir ini cenderung meningkat. Selain kasus positif, keberadaan orang tanpa gejala (OTG) hasil penelusuran tim Gugus Tugas Covid-19 bersama desa/kelurahan masih menjadi ancaman penularan baru untuk itu perlu tetap meningkatkan kewaspadaan.

Secara kumulatif, Dewa Rai menjelaskan bahwa kasus Covid-19 di Kota Denpasar sebanyak 117 kasus positif. Rinciannya adalah 66 sembuh, dua orang meninggal dunia, dan 49 orang masih dalam perawatan.

Hasil penelusuran tim Gugus Tugas di Kota Denpasar secara kumulatif terdapat status OTG704 kasus, namun 359 dinyatakan sehat setelah isolasi mandiri, sehingga tersisa 345 OTG. Orang Dalam Pemantauan (ODP) secara akumulatif tercatat 299 kasus, namun sudah menjalani isolasi mandiri dan dinyatakan sehat sebanyak 264, sehingga masih tersisa 35 ODP.

Sementara itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara akumulatif sebanyak 79 kasus. Sebanyak 29 orang sudah dinyatakan negatif setelah menjalani tes lanjutan (swab test), sehingga tersisa 50 yang berstatus PDP.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement