Jumat 05 Jun 2020 21:59 WIB

Artis Senior dan Mensos Sepakat Bantu Pekerja Seni Terdampak

Kesepakatan membantu pekerja seni terdampak muncul dalam pertemuan virtual.

Sejumlah artis senior bersua virtual dengan Menteri Sosial Juliari P Batubara
Foto: Dok Istimewa
Sejumlah artis senior bersua virtual dengan Menteri Sosial Juliari P Batubara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Para artis yang tergabung dalam komunitas  C'nior mewakili pelaku film dan teater yang terdampak pandemi Covid-19 bersua dengan Menteri Sosial Juliari P Batubara. 

Di hadapan Mensos, para artis senior ini memaparkan bagaimana pandemi Covid-19 telah membuat mereka dan para pekerja seni terpuruk. Untuk itu, bantuan dari negara, dalam hal ini Kementerian Sosial, sangat diharapkan.  

Baca Juga

“Pada prinsipnya kami siap membantu. Kami terbuka berapa penerima yang akan diajukan dari para artis dan pekerja film. Namun kami memohon juga bantuan kepada para artis senior untuk membantu memenuhi ketentuan yang berlaku,” kata Mensos Juliari dalam video conference dengan para artis senior di Jakarta, Jumat (4/6).

Para artis yang berbicara langsung dengan Mensos adalah Rano Karno, Ratna Riantiarno, Alicia Djohar, Debby Cintya Dewi, Deddy Mizwar,  Niniek L Karim, Yatty Oktavia,  dan Baby Zelvia. Mereka berbincang dengan Mensos Juliari, dengan dikoordinasi Yessy Gusman, pasangan main Rano Karno dalam film Gita Cinta dari SMA. 

Kepada para artis senior, Mensos mengingatkan agar dalam pengajuan penerima bansos bisa mematuhi aturan yang berlaku. Di antaranya, penerima bansos harus memenuhi ketentuan _by name by address_ (BNBA) dan memiliki NIK.   

“Karena bansos ini kan menggunakan uang negara, maka kan nanti akan tetap diperiksa keabsahannya. Oleh karena itu, data penerima yang sudah disampaikan para artis, akan terlebih dulu di- _cleansing_ ,” kata Mensos.

Para artis menyampaikan data penerima bansos sebanyak 2.156 orang. Dalam dialog virtual ini, mereka secara umum mengungkapkan bagaimana tekanan ekonomi yang harus dihadapi para artis, pekerja film, teater, seniman tradisional, dan sebagainya. 

“Mereka sudah tidak bekerja selama 3-4 bulan Pak Menteri. Saya sendiri duduk di Komisi X DPR RI yang membawahi seni budaya. Saya tahu persis bagaimana kehidupan mereka yang sangat sulit selama pandemi. Dengan bantuan yang akan diberikan Kemensos, kami ucapkan terima kasih. Ini maknanya pemerintah hadir di tengah pademi,” kata Rano Karno yang merupakan pemeran Doel dan sinetron _Si Doel Anak Sekolahan_ ini.

Aktris Debby Cynthia Dewi mengaku bersyukur mendengar kesediaan Kemensos menyalurkan bantuan kepada pekerja seni dan film. Pemeran Novi dan sinetron _Samudra Cinta_ ini mengaku produksi sinetron yang dibintanginya harus setop karena pandemi. 

“Bantuan Pak Mensos sangat berarti. Untuk satu judul sinetron bisa melibatkan 3 tim. Dimana satu tim bisa beranggotakan 150-an orang. Coba kalau dikalikan 2 atau 3 bersama istri dan anak, bisa dibayangkan berapa banyak yang terdampak,” kata aktris yang sudah berkiprah sejak 1972 ini. 

Pemain film _Gadis Kampus_ (1979) Alicia Djohar juga menyampaikan apresiasinya kepada Kemensos.  “Alhamdulillah. Sangat terbantu dengan bantuan ini. Pak Menteri, pandemi membuat banyak aktor laga kehilangan pekerjaan dan keluarganya kesulitan ekonomi. Mereka terpaksa dirumahkan. Kami ucapkan terima kasih. Mudah-mudahan bantuan bisa berlanjut pak,” katanya.

Hal senada disampaikan Ratna Riantiarno, Deddy Mizwar, Niniek L.  Karim,  Yati Octavia,  dan Baby Zelvia. “Saya berharap, bantuan ini masih bisa berlanjut dan menyentuh kawan-kawan lain yang belum mendapatkan bansos. Terima kasih Pak Menteri,” kata Deddy Mizwar. 

Mensos menyatakan, Kemensos akan fleksibel dalam merespon permintaan para aktis. “Kalau memang masih perlu ada data tambahan silakan. Nanti bisa disampaikan. Yang penting itu tadi. Mohon data yang ada bisa lengkapi dengan dokumen yang dipersyaratkan,” kata Mensos.

Rencananya,  bansos akan disalurkan kepada 37 komunitas terdiri dari kalangan pekerja perfilman, teater, seniman budaya Betawi, seniman budaya Sunda, seniman lawak, badut, perupa, musik dan penyanyi, artis lansia, dan lain sebagainya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement