Jumat 05 Jun 2020 20:35 WIB

Ronaldo, Miliarder Pertama dari Dunia Sepak Bola

penghasilan Ronaldo lebih dari 1 miliar dolar AS di sepanjang karier profesionalnya

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Cristiano Ronaldo
Foto: EPA-EFE
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, TURIN -- Bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, menjadi pesepakbola pertama yang mendapatkan penghasilan lebih dari 1 miliar dolar AS di sepanjang karier profesionalnya hingga saat ini. Pemain asal Portugal itu pun menjadi miliarder pertama dari dunia si kulit bundar.

Dengan penghasilan mencapai 105 juta dolar as sebelum pajak, Ronaldo menempati peringkat keempat dalam daftar publik figur dengan bayaran tertinggi versi majalah Forbes, pertengahan pekan ini.

Dalam daftar tersebut, Ronaldo mengalahkan seteru sengitnya, Lionel Messi, yang menempati peringkat kelima, yang mendapatkan penghasilan sebesar 104 juta dolar as pada tahun lalu.

Untuk pendapatan secara keseluruhan di sepanjang karier profesional, pendapatan Ronaldo juga lebih besar ketimbang Messi. Penghasilan Ronaldo telah menyentuh angka lebih dari 1 miliar dolar AS.

Pendapatan ini berasal dari gaji selangit sebagai pesepakbola profesional ditambah berbagai sponsorship, yang mencapai total 45 juta dolar as, termasuk kontrak seumur hidup bersama Nike, yang diperkirakan menembus angka 20 juta dolar AS.

Pengoleksi lima gelar Ballon d'Or, yang sempat memperkuat Sporting Lisbon, Manchester United, dan Real Madrid, itu telah mendapatkan gaji total mencapai 650 juta dolar AS. Angka ini pun diperkirakan bakal meroket hingga mencapai 765 dolar AS saat kontraknya bersama Juventus berakhir pada Juni 2022 mendatang.

Dengan begitu, secara total, pemain berusia 35 tahun itu telah memperoleh penghasilan mencapai lebih dari 1 miliar dolar as selama 17 tahun berkarier sebagai pesepakbola profesional. Dengan statusnya ini, Ronaldo pun menjadi pesepakbola pertama sekaligus atlet dari olahraga tim pertama yang berstatus sebagai miliarder.

Ronaldo menjadi atlet ketiga yang masih aktif, setelah pegolf asal Amerika Serikat, Tiger Woods, dan petinju asal Amerika Serikat, Floyd Mayweather, yang mampu mendapatkan penghasilan lebih dari satu miliar dolar AS.

Woods mendapatkan status miliarder pada 2009 setelah menandatangi kontrak dengan Nike. Sedangkan Mayweather menjadi miliarder setelah mendapatkan pemasukan besar lewat sistem pay per view dari salah satu pertarungannya pada 2017.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement