Jumat 05 Jun 2020 18:40 WIB

Rapid Test Gratis Pelindo III Diapresiasi

Program ini sekaligus mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli kesehatan.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi
Warga bersama anaknya melakukan rapid test Covid-19 yang digelar Pelindo III di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, awal pekan ini. Selain Banyuwangi, Pelindo III juga memberi fasilitas rapid test Covid-19 gratis di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura.
Foto: ANTARA/BUDI CANDRA SETYA
Warga bersama anaknya melakukan rapid test Covid-19 yang digelar Pelindo III di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, awal pekan ini. Selain Banyuwangi, Pelindo III juga memberi fasilitas rapid test Covid-19 gratis di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III menyediakan bantuan rapid test Covid-19 gratis di sejumlah tempat di Jawa Timur (Jatim), salah satunya di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura. Hal tersebut mendapat apresiasi baik dari pemerintah setempat maupun masyarakat.

Bupati Sumenep Abuya Busyro Karim menyampaikan apresiasi kepada Pelindo III yang telah menyelenggarakan program rapid test Covid-19 gratis. Ia menilai program tersebut sangat bermanfaat membantu mendeteksi serta memetakan penularan pandemi di wilayah Sumenep serta mematangkan persiapan pemerintah daerah untuk mulai melakukan pola new normal pasca pandemi.

Baca Juga

"Ini akan sangat bermanfaat, apalagi sebentar lagi akan mulai kembali aktivitas pondok pesantren sehingga kami bisa memetakan sekaligus mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Sumenep, khususnya kawasan pesisir," ujar Busyro melalui siaran pers Pelindo III kepada Republika, Jumat (5/6).

Salah satu calon penumpang kapal tujuan Pelabuhan Jangkar Situbondo yang mengikuti rapid test Covid-19 gratis, Ahmad Rofii (50 tahun)  mengaku senang mendapatkan fasilitas rapid test gratis dari Pelindo III. Menurutnya fasilitas rapid test tersebut memudahkan mereka melengkapi persyaratan berpergian sekaligus memantau kondisi kesehatan mereka di masa pandemi.

"Bantuan rapid test ini sangat bermanfaat buat kami karena saat ini kan ada syarat harus menyertakan bukti bebas Covid-19 sebelum berpergian. Jadi memudahkan kami para calon penumpang. Selain itu juga kami bisa terus memantau kondisi kesehatan kami di tengah pandemi ini," ucap Ahmad.

Direktur Sumber Daya Manusia Pelindo III Toto Heliyanto menjelaskan pelaksanaan rapid test gratis yang diselenggarakan Pelindo III difokuskan pada wilayah-wilayah luar yang memiliki akses cukup jauh dengan fasilitas kesehatan, terutama rujukan Covid-19. Harapannya, langkah ini memperkuat upaya pemerintah menekan penyebaran pandemi tersebut. Terlebih, Pelabuhan Kalianget merupakan salah satu pintu masuk di Madura.

"Kami terus berupaya menjangkau lokasi lokasi yang mungkin belum mendapat fasilitas rapid test secara masif, salah satunya di kawasan Pelabuhan Kalianget Madura ini," lanjut Toto.

Toto berharap program ini bisa memberikan menekan penyebaran pandemi di Sumenep sekaligus mengedukasi masyarakat untuk lebih peduli kesehatan dengan pendeteksian dini seperti saat ini. Toto mengatakan pelaksanaan rapid test gratis di Pelabuhan Kalianget rencananya akan digelar 3 hari mulai 3 Juni hingga 5 Juni.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement