Jumat 05 Jun 2020 19:09 WIB

Ronaldo Terpilih Sebagai Penyerang Eropa Terbaik

Ronaldo menyisihkan sejumlah nama besar penyerang asal Eropa

Rep: reja irfa widodo/ Red: Muhammad Akbar
Cristiano Ronaldo
Foto: EPA-EFE/Riccardo Antimiani
Cristiano Ronaldo

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pemain bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, terpilih menjadi striker terbaik asal Eropa dalam dua dekade terakhir. Pemain asal Portugal itu berhasil menyisihkan sejumlah nama besar penyerang asal Eropa, seperti Thierry Henry,  Robert Lewandowski, Wayne Rooney, hingga Ruud Van Nistelrooy.

Hal ini berdasarkan hasil polling yang digelar BBC pada Kamis (4/6) waktu setempat. BBC menggunakan sistem gugur secara berjenjang dari 32 besar hingga final untuk menentukan siapa penyerang terbaik Eropa dalam dua dekade pertama abad ke-21 tersebut. Kemudian publik dan pembaca BBC dapat memilih pemain terbaik diantara semua pilihan pemain yang tersisa.

Dalam menyeleksi penyerang yang dapat diikutsertakan dalam kompetisi ini, BBC pun telah menetapkan sejumlah kriteria tertentu. ''Pemain tersebut harus mencetak setidaknya 20 gol dalam tiga musim. Selain itu, torehan prestasi di timnas juga menjadi salah satu pertimbangan utama. Selain tentunya harus berasal dari daratan Eropa,'' tulis laporan BBC, Jumat (5/6).

Setelah melakukan penyaringan, BBC akhirnya memilih 32 penyerang terbaik asal Eropa. Pada babak ini, Ronaldo mengungguli Rudd Van Nistelrooy dengan raihan suara dukungan sebesar 90 persen. Kemudian pada babak 16 besar, eks bintang Real Madrid itu menyingkirkan Francesco Totti dengan raihan suara mencapai 89 persen.

Sedangkan di fase semifinal, giliran Wayne Rooney, yang tidak mampu bersaing dengan Ronaldo. Eks bintang Real Madrid itu mengalahkan mantan penyerang timnas Inggris itu dengan torehan suara dukungan mencapai 89 persen. Di babak semifinal, peraih lima gelar Ballon d'Or itu harus bersaing dengan penyerang asal Polandia, Robert Lewandowski.

Ronaldo pun berhasil melaju ke babak final lantaran unggul 78 persen. Di babak final, Ronaldo mendapat persaingan sengit dari legenda Arsenal dan timnas Prancis, Thierry Henry. Ronaldo akhirnya unggul tipis dari Henry dengan raihan dukungan suara sebesar 54 persen, berbanding 46 persen milik Henry.

Dengan hasil ini mantan bintang Manchester United itu pun dinobatkan menjadi penyerang asal Eropa terbaik dalam dua dekade terakhir atau sejak 2000 silam berdasarkan hasil polling keluaran BBC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement