Jumat 05 Jun 2020 17:23 WIB

McCann Sang Bocah Inggris yang Hilang Diyakini Meninggal

Kasus hilangnya Madeleine McCann pada 2007 sempat memicu pencarian global.

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini
Madeleine McCann, bocah berusia 3 tahun asal Inggris yang hilang pada 2007 di Portugal masih menyisakan misteri.
Foto: Wikipedia
Madeleine McCann, bocah berusia 3 tahun asal Inggris yang hilang pada 2007 di Portugal masih menyisakan misteri.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Jaksa Jerman mengasumsikan Madeleine McCann, seorang anak perempuan berusia 3 tahun saat hilang 2007 lalu sudah meninggal dunia. Jaksa menduga tersangka pembunuhnya adalah pelaku pelecehan anak yang sedang mendekam di penjara Jerman.

McCann menghilang dari kamar hotel pada 3 Mei 2007 ketika keluarganya sedang berlibur di Algarve, Portugal. Saat itu, orang tuanya sedang makan bersama teman mereka di restoran dekat Praia da Luz.

Baca Juga

Hilangnya McCann memicu pencarian global, foto wajah gadis kecil itu disebar ke seluruh dunia. Selebriti dunia meminta masyarakat yang memiliki informasi untuk segera memberikannya kepada pihak berwenang dan membawa penculiknya ke pengadilan.

"Kami asumsikan gadis itu meninggal, kantor jaksa publik di Braunschweig menyelidiki, pelaku pembunuhnya ada seorang laki-laki berusia 43 tahun berwarga negara Jerman," kata jaksa negara bagian Braunschweig, Hans Christian Wolters, Kamis (4/6).

Polisi Jerman mengatakan pelaku yang tinggal dekat Praira da Luz mengambil keputusan mendadak untuk membunuh McCann saat ia membobol masuk apartemen tempat anak itu tidur. Polisi Jerman memperlakukan kasus itu sebagai kasus pembunuhan.

Hingga kini jenazah McCann belum ditemukan. Asumsi jaksa Jerman menjadi pernyataan paling otoritatif sejauh ini. Keluarga dan pendukungnya selalu berharap McCann masih hidup di suatu tempat.

Orang tua anak itu mengatakan mereka ingin mendapatkan kedamaian. Tapi tersangka Jerman sangat potensial.

"Kami semua selalu ingin menemukannya, mengungkapkan kebenaran dan membawa siapa pun yang bertanggung jawab ke pengadilan," kata orang tua Madeleine, Kate dan Gerry McCann.

Pernyataan tersebut mereka dirilis sebelum jaksa di Jerman berbicara. "Kami tidak akan pernah kehilangan harapan untuk menemukan Madeleine dalam keadaan hidup, tapi apapun hasilnya, kami harus tahu karena kami butuh kedamaian," kata Kate dan Gerry.

Jaksa Wolters mengatakan tersangka adalah pelaku kekerasan seksual dengan berbagai dakwaan, termasuk pelecehan seksual terhadap anak. Pelaku yang namanya tidak disebutkan tinggal di Algarve dari 1995 hingga 2007.

Polisi Jerman mengatakan pelaku bekerja di industri katering, membobol hotel dan apartemen-apartemen yang disewakan untuk wisatawan serta berdagang narkoba. Saat ini ia ditahan atas dakwaan yang berbeda.

Polisi Inggris dan Jerman meminta informasi mengenai laki-laki yang pernah tinggal di Braunschweig sebelum pindah ke luar negeri. Mereka merilis foto mobil van Volkswagen dan Jaguar yang ia gunakan saat itu.

Polisi Inggris mengatakan kasus McCann masih kasus orang hilang. Polisi mengatakan mereka ingin berbicara dengan orang kedua yang belum diidentifikasi. Orang itu sempat berbicara dengan tersangka Jerman dengan nomor telepon Portugal saat McCann menghilang 3 Mei 2007 lalu.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement