Jumat 05 Jun 2020 15:53 WIB

Boogaloo, Gerakan yang Muncul Pada Demo George Floyd

Gerakan boogaloo diduga menungganggi demonstrasi kematian George Floyd

Rep: Fergi Nadira/ Red: Christiyaningsih
Gerakan boogaloo diduga menungganggi demonstrasi kematian George Floyd. Ilustrasi.
Foto: AP/John Minchillo
Gerakan boogaloo diduga menungganggi demonstrasi kematian George Floyd. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Protes yang tak sedikit berujung rusuh menuntut kematian pria kulit hitam Afrika-Amerika George Floyd terjadi di kota-kota besar di seluruh negara bagian Amerika Serikat (AS) bahkan dunia. Sebuah gerakan baru yang terdiri dari penganut bersenjata sayap kanan diduga menunggangi kekerasan demo di AS.

Para penganut Boogaloo meyakini pada tindakan-tindakan anarkis anti-pemerintah yang berpotensi mengarah pada perang saudara AS kedua. Meskipun tidak mungkin terjadi, para pejabat mengklaim bahwa banyak dari kekerasan dapat disematkan pada "agitator luar" yang mengalihkan perhatian dari pesan utama demonstrasi.

Baca Juga

Salah satu gerakan yang disalahkan pihak berwenang adalah gerakan Boogaloo itu. Pada 4 Juni, tiga orang yang diduga anggota gerakan Boogaloo ditangkap di Las Vegas, Nevada. Mereka dituduh terkait terorisme serta merencanakan alur untuk mempercepat kekerasan dalam protes.

Gerakan Boogaloo ini memang sulit dilabeli. Tetapi sebagian besar ada di ujung kanan spektrum politik dan bertujuan mempercepat AS menuju perang saudara kedua. Anggotanya, yang dikenal sebagai "Boogaloo Boys" atau "Boogaloo Bois", biasanya terlihat dengan senapan serbu dan peralatan taktis.

Menurut laporan yang dikutip laman Aljazirah, beberapa mengatakan orang-orang pada gerakan Boogaloo ingin mendukung para pemrotes dalam menghadapi polisi. Sementara yang lain tampaknya memiliki koneksi ke ideologi ekstremis.

Gerakan ini meminjam nama dari Breakin'2: Electric Boogaloo, film sekuel 1980-an yang diterima dengan buruk. Istilah "Electric Boogaloo" telah digunakan untuk menggambarkan hal-hal yang berkualitas rendah, terutama pada papan pesan dan media sosial. "Electric Boogaloo" tidak umum digunakan dalam mode politik atau kekerasan.

Tetapi beberapa elemen sayap kanan menggunakannya sebagai kata sandi untuk perang sipil kedua, yang juga mungkin saja sudah terjadi sebagai sekuel yang pertama. Penggunaan istilah ini tampaknya telah terkenal di antara beberapa orang dengan pandangan sayap kanan sekitar Oktober 2019.

Dalam laporan Liga Anti-Pencemaran Nama Baik (ADL), sebuah LSM Yahudi yang berbasis di AS yang melacak sayap kanan, tercatat berbagai frasa yang terkait dengan boogaloo muncul tahun ini. Istilah tersebut menjadi lebih populer, termasuk: 'muncul untuk boogaloo,' 'ketika boogaloo mencapai,' 'siap menjadi boogaloo', dan 'membawa boogaloo'.

Seperti gerakan-gerakan lain yang dulunya sebagian besar mendiami sudut-sudut internet, gerakan ini memanfaatkan kerusuhan sosial dan malapetaka ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 untuk mempublikasikan pesan-pesan kekerasannya. Seorang dari Program Ekstremisme Universitas George Washington, JJ MacNab, mengatakan pandemi menjadi katalis bagi gerakan boogaloo. Sebab perintah tinggal di rumah memberi tekanan pada banyak orang yang sangat tidak bahagia.

"Retorika gerakan melampaui diskusi tentang memerangi pembatasan virus yang oleh banyak pemrotes disebut sebagai "tirani" untuk berbicara tentang membunuh agen FBI atau petugas polisi agar membuat perang berjalan," kata MacNab.

Sebuah laporan pada 22 April oleh Tech Transparency Project, yang melacak perusahaan-perusahaan teknologi, menemukan 125 kelompok yang berhubungan dengan "boogaloo" di Facebook. Gerakan itu telah menarik puluhan ribu anggota dalam 30 hari sebelumnya. Proyek menunjuk krisis virus corona baru ini sebagai faktor pendorong.

"Beberapa pendukung boogaloo melihat pembatasan wilayah terhadap pencegahan penularan penyakit dan arahan lain oleh negara bagian dan kota-kota di seluruh negeri sebagai pelanggaran terhadap hak-hak mereka. Mereka bertujuan untuk memanfaatkan frustrasi publik pada langkah-langkah seperti itu untuk menggalang dan menarik pengikut baru untuk tujuan mereka," kata laporan proyek.

Pada April, para demonstran bersenjata membagikan selebaran "Liberty atau Boogaloo" di sebuah protes di gedung negara bagian di Concord, New Hampshire. Lebih lanjut, tidak diketahui apakah gerakan Boogaloo memiliki ideologi pemersatu atau tidak.

Anggota yang mengaku telah terlihat di protes yang membawa tanda-tanda yang mengatakan "Boogaloo berdiri dengan George Floyd". Sementara banyak kelompok sayap kanan memiliki elemen supremasi, meski tidak selalu terjadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement