Jumat 05 Jun 2020 02:22 WIB

Polda Jatim Ajak Unair Kolaborasi Kampung Tangguh Semeru

Program Kampung Tangguh Semeru untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.
Foto: Ist
Universitas Airlangga (Unair) Surabaya.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kepolisian Daerah Jawa Timur mengajak sivitas akademika Universitas Airlangga Surabaya berkolaborasi dalam program Kampung Tangguh Semeru untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah setempat.

"Kami menyadari bahwa polisi tidak dapat bekerja sendiri dalam penyelesaian masalah sosial dari dampak Covid-19 tanpa adanya dukungan dari semua elemen masyarakat, termasuk akademisi," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol M Fadil Imran di sela kunjungannya ke kampus Unair di Surabaya, Kamis (4/6).

Pada kesempatan tersebut, orang nomor satu di jajaran kepolisian di Jatim itu berharap Rektor Unair Prof Mohammad Nasih untuk berkolaborasi dan melakukan penelitian terkait Kampung Tangguh Semeru.

Dia memaparkan Kampung Tangguh Semeru bertujuan agar masyarakat memiliki kemampuan dalam mengatasi persoalan secara mandiri dan bergotong royong.

"Program penguatan Kampung Tangguh Semeru dapat dilakukan dengan penambahan fitur baru disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat dan menitikberatkan kepada keterlibatan elemen masyarakat, termasuk akademisi dalam rangka menemukan solusi terhadap adanya permasalahan sosial yang ada," ucapnya.

Pada kesempatan sama, perwira tinggi polisi bintang dua itu mempersilakan Rektor Unair untuk mengkritisi secara akademis kebijakan yang dilakukan Polda Jatim selama ini.

Kritik tersebut, kata dia, sebagai salah satu bentuk pemberdayaan masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan Surabaya.

"Bersikap kritis untuk kemajuan masyarakat, juga merupakan wujud pengabdian masyarakat dan kami yakin Unair dapat memberikan kontribusinya," ujarnya.

Selain itu, Polda Jatim ingin lebih bersinergi bersama perguruan tinggi untuk mengatasi permasalahan dan dampak sosialnya yang ditimbulkan Covid-19 dalam masyarakat.

"Pandemik Covid-19 memberikan hikmah kepada kita semua untuk lebih dekat lagi bekerja sama dan bersinergi mengatasi dampak sosial yang disebabkan Covid-19," tuturnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement