Kamis 04 Jun 2020 23:59 WIB

Jumlah Pasien Positif Covid-19 di Bangka Tambah Tiga Orang

Total pasien Covid-19 di Kabupaten Bangka 16 orang, tiga diantaranya sembuh

Bupati Bangka Mulkan.
Foto: Antara
Bupati Bangka Mulkan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA -- Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pemerintah Kabupaten Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Boy Yandra, mengatakan jumlah pasien terkonfirmasi positif COVID-19 di daerah itu bertambah tiga orang.

"Dengan bertambahnya tiga orang terkonfirmasi COVID-19 tersebut, total positif COVID-19 di Kabupaten Bangka sebanyak 16 orang," katanya di Sungailiat, Kamis (4/6). Ketiga orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 itu, berinisial Sh (16) jenis kelamin laki-laki, Ws (17) perempuan dan Jh (37) laki-laki asal Sungailiat.

"Untuk pasien Sh dan Ws merupakan siswa di salah satu Sekolah Menengah Atas negeri yang sebelumnya dilakukan 'rapid test' (tes cepat)," katanya. Dia mengatakan dari total 16 pasien COVID-19, terdapat tiga orang dinyatakan sembuh serta lainnya masih dalam perawatan intensif sambil menunggu hasil swab.

"Penyebaran COVID-19 di Kabupaten Bangka berasal dari klaster Belitung Timur, klaster Kundur, dan klaster kapal keruk, Temboro, Magetan Jawa Timur," katanya.

Untuk mempercepat pemutusan mata rantai penyebaran COVID-19, pihaknya akan melakukan swab kepada 99 teman sekolahnya yang berada dalam satu asrama.

"Kami juga melakukan penyemprotan disinfektan di lokasi ditemukannya kasus termasuk melakukan 'tracking' (pelacakan) bagi yang kontak dengan pasien, baik kontak primer maupun sekunder," katanya.

Dia mengimbau masyarakat tidak panik serta tetap mematuhi protokol kesehatan COVID-19, dengan cara memakai masker setiap keluar rumah, rutin mencuci tangan memakai sambun dengan air mengalir, hindari kerumanan serta menjaga jarak minimal 1,5 meter.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement