Monday, 15 Zulqaidah 1441 / 06 July 2020

Monday, 15 Zulqaidah 1441 / 06 July 2020

8 Jenis Kacang Terbaik dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Kamis 04 Jun 2020 23:33 WIB

Rep: Santi Sopia/ Red: Qommarria Rostanti

Kacang almon

Kacang almon

Foto: therawfoodcoach.com
Mengonsumsi almon bisa membantu mengurangi kolesterol jahat yang buruk bagi jantung.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Kacang adalah salah satu pilihan camilan yang mudah didapat dan sehat. Kacang mengandung lemak, vitamin, serat, dan protein yang menyehatkan jantung.

Kacang-kacangan bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan dan sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

Berikut daftar jenis kacang dan manfaat kesehatannya seperti dilansir di Times of India:

1. Kacang almon

Mengonsumsi kacang almon dapat membantu mengurangi kolesterol jahat yang buruk bagi jantung. Kacang almon yang rendah kalori dapat menjadi bagian dari rencana penurunan berat badan. Menyantap almon juga membantu menurunkan tekanan darah pada orang yang kelebihan berat badan. Kacang ini memberikan bakteri usus yang bermanfaat, termasuk Bifidobacteria dan Lactobacillus.

2. Kacang mete

Konsumsi kacang mete membantu memperbaiki gejala sindrom metabolik. Sebuah studi menemukan, diet dengan kalori 20 persen yang berasal dari kacang mete meningkatkan tekanan darah pada orang dengan sindrom metabolik. Padahal, kacang mete tidak berpengaruh signifikan terhadap berat badan atau kadar gula darah.

3. Hazelnut

Sama seperti kacang lainnya, hazelnut memiliki efek menguntungkan pada penyakit jantung. Hazelnut membantu menurunkan peradangan dan mengurangi kadar trigliserida. Konsumsi hazelnut juga membantu meningkatkan kadar vitamin E dalam darah seiring dengan penurunan kolesterol jahat.

4. Kacang brasil

Kacang brasil berasal dari pohon di Amazon dan sangat kaya akan selenium. Selenium adalah mineral yang bertindak sebagai antioksidan. Mineral ini digunakan untuk berbagai fungsi tubuh.

5. Kacang kenari

Kacang kenari adalah sumber asam lemak alfalinolenat omega-3 yang sangat baik. Makan kenari setiap hari membantu mengurangi kolesterol jahat dan menjaga aliran darah melalui sistem peredaran darah. Kacang kenari juga membantu mengurangi peradangan, yang pada gilirannya mencegah sejumlah penyakit. Kacang kenari juga memiliki efek menguntungkan pada otak, menurut penelitian.

6. Pistachio

Pistachio kaya serat dan sama seperti almon. Pistachio membantu meningkatkan kadar kolesterol dengan mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Konsumsi pistachio dapat membantu meningkatkan tekanan darah, mengurangi berat badan dan status oksidatif. Stres oksidatif adalah tingkat darah dari bahan kimia teroksidasi yang dapat berkontribusi pada penyakit jantung.

7. Kacang tanah

Kacang tanah mengandung nutrisi yang sama seperti kacang pohon. Sebuah studi menemukan asupan kacang dikaitkan dengan risiko kematian yang lebih rendah. Studi lain menemukan bahwa wanita yang makan kacang lima kali sepekan memiliki risiko lebih rendah terkena diabetes tipe dua. Kondisi asma membaik pada anak-anak dan ibu yang makan kacang lebih dari sekali sepekan. Yang terbaik adalah memilih kacang tanah daripada yang berminyak.

8. Verdict

Kacang ini memiliki berbagai macam nutrisi penting dan karenanya harus dimasukkan dalam makanan sehari-hari. Pastikan untuk memilih kacang yang diproses minimal dan tidak memiliki bahan tambahan.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA