Kamis 04 Jun 2020 22:47 WIB

Sidoarjo Libatkan Marinir TNI untuk Tangani Covid-19

Marinir TNI dilibatkan untuk membantu penanganan Covid-19

Marinir TNI dilibatkan untuk membantu penanganan Covid-19. Ilustrasi marinir
Foto: Antara/M Risyal Hidayat
Marinir TNI dilibatkan untuk membantu penanganan Covid-19. Ilustrasi marinir

REPUBLIKA.CO.ID, SIDOARJO— Pemerintah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, melibatkan unsur Marinir dari Kesatuan Pasukan Marinir 2 (Pasmar 2) dalam upaya percepatan penanganan COVID-19 di daerah itu.

Wakil Bupati Sidoarjo, Nur Ahmad Syaifuddin, di Sidoarjo, Kamis (4/6), mengatakan keterlibatan semua pihak dibutuhkan dalam penanganan pandemi COVID-19. "Seperti keterlibatan Pasmar 2 kali ini," katanya.

Baca Juga

Ia mengemukakan kerja sama seperti ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan Pasmar 2.

"Kami sudah banyak melakukan (kerja sama) dengan TNI dan Polri, kami senantiasa bersinergi," katanya saat menandatanganiMoU pembangunan kabupaten dengan Pasmar 2 di markas Pasmar 2 Gedangan, Sidoarjo.

Pria yang akrab dipanggil Cak Nur ini mengatakan kerja sama seperti ini sangat diperlukan karena melihat potensi Pasmar 2 dalam percepatan penanganan Covid-19 sangat besar seperti dilibatkannya Pasmar 2 dalam penanganan Covid-19 di Jakarta.

"Saat ini kita harus bekerja sama sehingga SDM yang ada yang sangat diperlukan bisa bermanfaat untuk Kabupaten Sidoarjo," ujarnya.

Ia mengatakan Pemkab Sidoarjo berencana membuat tempat isolasi pasien Covid-19 di hall gedung Mal  Pelayanan Publik (MPP) dan Pasmar 2 akan dilibatkan dalam pelaksanaan operasional di tempat tersebut. Nantinya paramedis dari Pasmar 2 diharapkan dapat terlibat di dalamnya.

"Kami mengharapkan kerja sama bantuan dari Pasmar 2 khususnya dari paramedis, dokter maupun perawat sehingga kebutuhan ruang isolasi di Kabupaten Sidoarjo dapat terpenuhi," ucapnya.

Komandan Pasmar 2 Brigjen TNI (Mar), Ipung Purwadi, mengucapkan terima kasih atas dilibatkannya Pasmar 2 dalam upaya percepatan penanganan COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo.

Menurutnya, keterlibatan Pasmar 2 seperti ini merupakan bagian dari tugas TNI dan akan sepenuhnya membantu Pemkab Sidoarjo dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19.

"Kami ini berada di Sidoarjo (Markas Komando Pasmar 2) yang menggerakkan prajurit Marinir Pasmar 2 ini ada di tempat bapak, jadi berpotensi untuk membantu sepenuhnya Kabupaten Sidoarjo dalam berbagai hal," ucapnya.

Ia mengatakan pasukan Pasmar 2 tidak hanya memiliki kemampuan militer saja, tetapi melaksanakan tugas-tugas nonmiliter juga dimiliki. Nantinya Batalyon Zeni dan Batalyon Kesehatan dari Resimen Bantuan Tempur yang akan terjun membantu pencegahan penyebaran COVID-19 di Kabupaten Sidoarjo.

"Sebenarnya tugas kita nasional, keseluruh wilayah tanah air, kita berada di Sidoarjo silahkan dimanfaatkan dengan baik, kami siap membantu apa saja yang bisa dikerjakan prajurit Pasmar 2," ujarnya.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement