Jumat 05 Jun 2020 11:05 WIB
Ruslan Buton

Ruslan Buton, Media Baru, dan Psikologi Negara Kekuasaan

Kajian dari Leiden tentang Ruslan Buton

Proses penangkapan Kapten Purnawirawan Ruslan Buton.
Foto: Istimewa
Proses penangkapan Kapten Purnawirawan Ruslan Buton.

REPUBLIKA.CO.ID --  Oleh: Dr. Suryadi, MA – Leiden University, Belanda.

Banyak netizen menulis tagar “#SaveRuslanButon” di dinding Facebok mereka dan juga menanggapi postingan-postingan netizen yang terkait dengan penangkapan Ruslan Buton. Mereka meminta Pemerintah membebaskan Ruslan Buton. Lalu bermunculan pula poster-poster yang merepresentasikan dan merefleksikan dukungan moral terhadap Ruslan Buton (lihat ilustrasi).

SaveRuslanButon-3

Maka, sebagaimana biasa, para netizen menelusuri track record dan jejak digital Ruslan Buton. Sebuah video tentang Ruslan beredar secara luas di medsos. Berikut adalah transkripsi dari video tersebut dengan mencatatkan sumbernya.

Transkripsi pidato dan surat terbuka Ruslan Buton

Ini adalah transkripsi video tentang Ruslan Buton yang beredar di media sosial. Transkripsi ini didasarkan atas link berikut ini: (diakses 2 Juni 2020).

Video ini terdiri atas dua bagian:

Bagian pertama berisi keratan tanggapan Ruslan Buton dalam sebuah acara di Lemhanas* dan yang kedua adalah narasi surat terbukanya yang ditujukan kepada Presiden Joko Widodo.

Bagian pertama: Pertemuan di Lemhanas

“[…]Saya merasakan kebangkitan komunis. Sejak…o…beberapa tahun yang lalu, tadi sudah disampaikan oleh adik yang satu, sejak dihilangkannya pelajaran PMP dirubah, sejak dihilangkannya [pelajaran] sejarah: Sejarah Perjuangan Bangsa sekarang dihilangkan, Pak. Artinya, generasi-generasi kita muda sekarang ini sudah tidak tahu sejarah, Pak. Mereka tidak tahu PKI itu apa, masa bodoh, nggak berbahaya. Bagi saya sangat membahayakan, Pak.

Ancaman PKI, saya bercerita sedikit, Pak. Apakah para pekerja Cina, TKA Cina yang masuk ini bukan merupakan ancaman, Pak? Saya dari Ternate, Pak. Saya dinas terakhir sebagai komandan kompi di satuan 732 Raider di Ternate, setiap saya pulang jam 2 malam penerbangan, di bandara itu hampir penuh dengan orang-orang Cina. [Mereka] tidak bisa berbahasa Indonesia. Bayangkan, Pak.

Saya contohkan satu [terdengar interupsi: ‘baik…’]. Sebentar, Pak. Ini menyangkut kedaulatan negara, Pak. [terdengar lagi interupsi: ‘Ya…., sudah setengah dua ini’]. Betul, ini menyangkut kedaulatan bangsa dan negara.

Jadi, saya da kasus. Ketika saya melaksanakan satgas di Pulau Taliabu, di situ ada kelompok Cina yang banyak sekali. Ketika saya bertanya kepada kepala desa, ketika saya panggil, lima orang saya panggil, tidak bisa berbahasa Indonesia, tidak bisa berbahasa Cina, eh…berbahasa Inggris, dan tidak punya paspor, tidak punya visa. Dan saya tangkap. Malam hari saya didatangin satu letkol polisi, akbp polisi, satu mayor tantara untuk menebus atau memanggil, menjemput mereka. Saya tolak. Dengan ada imbalan satu kantong plastik uang. Saya tolak. [Terdengar interupsi: ‘Baik…baik, Pak…. ]. Ya. Artinya, bahwa negara kita sekarang dalam ancaman, Pak. Negara kita dalam ancaman. Jadi, saya mohon, harus ada ketegasan dari Pemerintah, baik…Bb Bapak Fadli [Zon], mungkin dibikin dalam bentuk tap MPR agar komunis itu tidak boleh berkembang di negara ini [Terdengar interupsi: ‘ya… .’). Kami….”

Bagian kedua: Surat terbuka Ruslan Buton kepada Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo

“Saudara Insinyur Haji Joko Widodo,

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Saya Ruslan Buton, mewakili seluruh warga Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat prihatin dengan kondisi bangsa saat ini. Di tengah pandemik Covid-19, saya melihat tata kelola berbangsa dan bernegara yang begitu sulit dicerna akal sehat untuk dipahami oleh siapapun. Kebijakan-kebijakan Saudara selalu melukai dan merugikan kepentingan rakyat, bangsa dan negara. Yang lebih mengkhawatirkan lagi adalah acaman lepasnya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat kami cintai ini. Suka atau tidak suka, di era kepemimpinan Saudaralah semua menjadi kacau balau alias amburadul dalam segala hal. Entah karena ketidakmampuan Saudara atau bisikan kelompok yang memiliki kepentingan yang tidak Saudara pahami atau mungkin karena Saudara telah tersandera oleh kepentingan para elit politik. Di sini saya tidak akan memaparkan kebijakan-kebijakan Saudara yang lebih banyak merugikan rakyat, bangsa dan negara, sebagai etika berkomunikasi saya kepada Saudara, yang kebetulan menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia.

Saudara Joko Widodo yang saya hormati,

Semua sistem yang berlaku di negeri ini bagaikan benang kusut yang sangat sulit untuk dirakit kembali. Oleh karenanya, dengan bahasa yang sangat sederhana ini, saya mohon dengan hormat agar Saudara dengan tulus dan ikhlas secara sadar untuk mengundurkan diri dari jabatan Saudara sebagai Presiden Republik Indonesia. Hal ini perlu dilakukan demi kepentingan bangsa, untuk menyelamatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sebelum kedaulatan negara benar-benar runtuh, dikuasai asing, terutama Cina Komunis.

Saya tahu, ini adalah pilihan sulit, namun merupakan pilihan terbaik. Saudara seorang negarawan yang pastinya ingin membangun negeri ini. Namun, harus jujur saya katakan bahwa Saudara belum memiliki banyak kemampuan untuk membangun bangsa yang besar ini, berdasarkan amanat Undang-Undang Dasar 1945. Sehingga terjadilah kebijakan-kebijakan yang menjadi blunder politik yang sangat merugikan rakyat, bangsa dan negara.

Saudara Joko Widodo,

Sekali lagi saya sampaikan bahwa solusi terbaik [untuk] menyelamatkan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia hanya ada satu: Saudara harus bersikap kesatria dan legowo untuk mundur dari tahta kepresidenan. Namun, bila tidak, bukan menjadi sebuah keniscayaan akan terjadinya gelombang gerakan revolusi rakyat dari seluruh elemen masyarakat, seluruh komponen bangsa, dari berbagai suku, agama dan ras yang akan menjelma bagaikan tsunami dahsyat yang akan meluluhlantakkan para pengkhianat bangsa. Akan bermunculan harimau-harimau, singa-singa dan serigala-serigala lapar untuk memburu dan memangsa para pengkhianat bangsa.

Sesuai dengan amanat Undang-Undang Dasar 1955 Pasal 1 Ayat 2 yang mengatakan bahwa kedaulatan adalah di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar [1945].

Saudara Joko Widodo,

Lengsernya Jenderal Besar Suharto bisa menjadi sebuah acuan atau referensi untuk Saudara lakukan. Sebagai seorang negarawan beliau menyatakan mundur dari tahta kepresidenan, demi menghindari pertumpahan darah [antar] sesama anak bangsa. Dan saya berharap Saudara juga bersikap demikian. Saudara bisa menghindari potensi pertumpahan darah antar sesama anak bangsa.

Ketika Pertiwi memanggil, maka kami akan menjadi garda terdepan untuk menyelamatkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Kendari, 18 Mei 2020

Ruslan Buton

Panglima Serdadu Ekstrimatra Nusantara”

Informasi dari Fadli Zon, komunikasi pribadi, Selasa 2 Juni 2020

Tranksriptor: Dr. Suryadi – Leiden University, the Netherlands

Isi Video: tiga isu penting

Membaca transkripsi kedua bagian isi video itu, dapat ditarik tiga poin penting yang terkandung di dalamnya.

Pertama: Isu tenaga kerja Cina

Bagian pertama video jelas mengangkat isu tentang tenaga kerja Cina yang membanjiri kawasan Indonesia Timur. Cukup gampang mencari berbagai laporan media tentang isu ini sekarang. Jakarta telah bertindak sebagai pembeking kuat untuk pendatangan tenaga kerja Cina ini. Para tenaga kerja Cina tersebut bekerja di berbagai wilayah di Indonesia Timur dalam kawasan-kawasan konsesi tambang di Sulawesi Tenggara, Ternate, dan lain-lain. Namun, selalu saja pihak penguasa di Jakarta mengelak dan berdalih bahwa jumlah mereka masih proporsional, mereka didatangkan karena tenaga kerja lokal belum punya skill, dan berbagai alasan lainnya. Mengutip kata-kata Ruslan Buton sebagaimana dapat dibaca dalam transkripsi di atas:

Ketika saya melaksanakan satgas di Pulau Taliabu, di situ ada kelompok Cina yang banyak sekali. Ketika saya bertanya kepada kepala desa, ketika saya panggil, lima orang saya panggil, tidak bisa berbahasa Indonesia, tidak bisa berbahasa Cina, eh…berbahasa Inggris, dan tidak punya paspor, tidak punya visa. Dan saya tangkap. Malam hari saya didatangin satu letkol polisi, akbp polisi, satu mayor tantara untuk menebus atau memanggil, menjemput mereka. Saya tolak. Dengan ada imbalan satu kantong plastik uang. Saya tolak. […]. Ya. Artinya, bahwa negara kita sekarang dalam ancaman, Pak. Negara kita dalam ancaman.

Banyak di antara tenaga kerja dari Cina itu tidak memiliki dokumen yang lengkap. Terdapat berbagai laporan dari masyarakat tentang ini, tapi otoritas/pihak berwenang tak melakukan tindakan yang proporsional, seolah-olah mereka dibelenggu oleh kekuatan yang tak tampak. Ruslan adalah salah seorang warga negara Indonesia yang berani menangkap mereka, yang akhirnya menimbulkan konsekuensi serius terhadap karir militernya. Keadaan ini seolah memperlihatkan negara ini tidak lagi punya kedaulatan. Sebagai putra Indonesia Timur, Ruslan tampaknya merasa khawatir melihat situasi yang berkembang. Ia melihat ‘invansi’ tenaga kerja Cina ini mengancam kedaulatan Republik Indonesia.

Kedua: Permohonan agar Presiden Jokowi mundur

Bagian kedua dari video itu berisi permohonan Ruslan agar Presiden Jokowi mundur dari “tahta kepresidenan” Republik Indonesia. Permohonan itu disampaikannya karena ia merasa “sangat prihatin dengan kondisi bangsa saat ini.” Ia menilai Presiden Jokowi “belum memiliki banyak kemampuan untuk membangun bangsa yang besar ini.” Kebijakan-kebijakan sang Presiden dinilainya “selalu melukai dan merugikan kepentingan rakyat, bangsa dan negara.” Ia sangat mengkhawatirkan lepasnya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang sangat ia cintai.

SaveRuslanButon-1

Ruslan melihat Indonesia kini “menjadi kacau balau alias amburadul dalam segala hal.” Menurutnya pilihan mundur bagi Presiden Jokowi adalah hal yang terbaik untuk menyelamatkan bangsa Indonesia dari perpecahan dan konflik mendalam. Bila tidak, ia khawatir “bukan menjadi sebuah keniscayaan akan terjadinya gelombang gerakan revolusi rakyat dari seluruh elemen masyarakat, seluruh komponen bangsa, dari berbagai suku, agama dan ras yang akan menjelma bagaikan tsunami dahsyat yang akan meluluhlantakkan para pengkhianat bangsa.” Ruslan menyuruh Presiden Jokowi mengambil hikmah dari lengsernya Presiden Suharto pada tahun 1998. Dengan bijaksana, Suharto memilih mundur untuk menghindari pertumpahan darah antar sesama anak bangsa.

Dari narasi transkripsi surat Jokowi di atas dapat dikesan bahwa Ruslan adalah seorang rakyat Indonesia yang mencintai bangsa dan negaranya. Ia memakai bahasa yang sopan dalam surat itu (misalnya: “Saudara Joko Widodo yang saya hormati”). Panggilan “Saudara” jarang kita dengar sekarang, bahkan di kalangan politisi di Jakarta yang cenderung “ber-kamu-kamu” dalam berdiskusi, apalagi berdebat. Kesantunan bahasa seorang mantan prajurit yang setia kepada bangsa dan negaranya terlihat dalam keseluruhan narasi surat terbuka Ruslan kepada Presiden Jokowi.

“[D]engan bahasa yang sangat sederhana ini, saya mohon dengan hormat agar Saudara dengan tulus dan ikhlas secara sadar untuk mengundurkan diri dari jabatan Saudara sebagai Presiden Republik Indonesia”, katanya. (Kursif oleh Suryadi).

Ketiga: Isu kebangkitan PKI

Ruslan Buton rupanya sangat khawatir terhadap kemungkinan kembalinya kekuatan komunis di Indonesia. Isu ini semakin mengemuka sejak beberapa tahun terakhir ini, terlbih lagi di era kepemimpinan Presiden Jokowi Ada yang menganggap ini isapan jempol belaka dan sengaja dihembuskan oleh pihak-pihak tertentu untuk manufer politik mereka. Pihak lain dengan keyakinan tinggi melihat bukti-bukti yang tampak dan menyatakan bahwa PKI sudah muncul lagi.

Meminjam judul dan larik puisi DN Aidit, “kini ia sudah dewasa”, PKI “tahan teror dan provokasi, dulu, sekarang, dan nanti, [karena ia adalah] “Antaeus, anak Poseidon”, yang “takterkalahkan selama setia pada bumi” (Lihat: Buku 40 tahun PKI, 1920-1960. Jakarta: Lembaga Sejarah PKI dan Departemen Agitasi dan Propaganda C.C. P.K.I, 1960:87).

Sebagaimana dapat dikesan dalam transkripsi video bagian pertama, Ruslan Buton melihat generasi muda Indonesia sekarang sudah tidak tahu sejarah. “Mereka tidak tahu PKI itu apa, masa bodoh”, dan menganggapnya tidak berbahaya. Menurutnya ini juga disebabkan oleh penghilangan pelajaran Sejarah Perjuangan Bangsa dalam kurikulum sekolah menengah.

SaveRuslanBUton-2

Ruslan juga melihat ancaman PKI sekaitan dengan kedatangan begitu banyak pekerja dari Cina ke Indonesia. Dari uraiannya (lihat transkripsi video) dapat dikesan bahwa ia khawatir ini bagian dari strategi negara Cina untuk menyebarkan ideologi komunis di Indonesia. Sebagaimana telah dicatat dalam sejarah, political uprising yang terjadi di Indonesia tahun 1960an tidak lepas dari pembentukan poros Jakarta-Peking. Bayang-banyang historis ini tentu akan mewarnai pikiran pihak-pihak atau siapa saja yang mengkhawatirkan kemunculan kembali PKI di Indonesia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement