Kamis 04 Jun 2020 22:12 WIB

Kisah Ibu Berbagi Kurma untuk 3 Anaknya dan Jaminan Surga

Kasih sayang orang tua untuk anak menjadi sebab masuk surga.

Kasih sayang orang tua untuk anak menjadi sebab masuk surga. ilustrasi kasih sayang orang tua ke anak
Foto: Republika/Yogi Ardhi
Kasih sayang orang tua untuk anak menjadi sebab masuk surga. ilustrasi kasih sayang orang tua ke anak

REPUBLIKA.CO.ID, Fakta-fakta yang ada dalam beberapa waktu terakhir ini menunjukkan cukup banyaknya peristiwa kriminalitas yang terjadi di lingkungan keluarga. Pelaku dan korbannya adalah anggota keluarga yang hidup dalam satu rumah, atau setidaknya masih ada hubungan keluarga. Secara umum kemunculan setiap kasus lebih banyak dipengaruhi faktor krisis: ekonomi, tingkat pendidikan, moral, dan sejenisnya.

Betapapun, fakta ini menunjukkan bahwa kasih sayang, cinta, kehangatan, telah hilang dari lingkungan keluarga, dan diganti oleh kecenderungan-kecenderungan syaithaniyah yang bersandarkan hawa nafsu duniawi yang sesaat dan semu. Rasulullah SAW mengajarkan, dalam keadaan apa pun, cinta dan kasih sayang mesti selalu ditumbuhkan di dalam lingkungan keluarga. 

Baca Juga

Kondisi krisis tidak bisa menjadi alasan bagi luluhnya nuansa cinta, kasih sayang, dan kehangatan di tengah-tengah keluarga. 

عن عائشةَ رضي اللَّهُ عنها قَالَتْ: جَاءَتني مِسْكِينَةٌ تَحْمِل ابْنَتَيْن لَهَا، فَأَطعمتُهَا ثَلاثَ تَمْرَاتٍ، فَأَعْطَتْ كُلَّ وَاحدَةٍ مِنْهُمَا تَمْرَةً، وَرَفَعَتْ إِلى فِيها تَمْرةً لتَأكُلهَا، فَاسْتَطعَمَتهَا ابْنَتَاهَا، فَشَقَّت التَّمْرَةَ الَّتي كَانَتْ تُريدُ أَنْ تأْكُلهَا بيْنهُمَا، فأَعْجبني شَأْنها، فَذَكرْتُ الَّذي صنعَتْ لرسولِ اللَّه ﷺ فَقَالَ: إنَّ اللَّه قَدْ أَوْجَبَ لَهَا بِهَا الجنَّةَ، أَو أَعْتقَها بِهَا من النَّارِ  

Aisyah mengisahkan, ''Suatu kali seorang perempuan miskin mendatangiku dan ia membawa dua anak perempuannya yang masih kecil.

Aku memberinya tiga buah kurma. Ia memberikan dua butir kepada dua anaknya. Niatnya, ia akan memakan sisanya. Tetapi, kedua anaknya berebut sisa kurma yang masih di tangannya, sehingga kurma itu jatuh. Perempuan itu, akhirnya, tidak makan sebutir pun. Aku melaporkan kejadian ini kepada Rasulullah, dan beliau bersabda, 'Barangsiapa yang mendapat cobaan dan menderita karena mengurus anak-anaknya, kemudian ia berbuat baik kepada mereka, maka anak-anaknya akan menjadi penghalang baginya dari jilatan api neraka'.'' (HR Bukhari, Muslim, dan Turmudzi).

Hadits di atas menegaskan bahwa dalam kondisi krisis seperti apa pun, rasa kasih sayang pada anak, tanggung jawab untuk melindungi anak, dan seterusnya, tetap merupakan kewajiban, dan Allah akan memberi anugerah yang besar kepada mereka yang bisa mewujudkan ajaran ini dengan penuh rasa pengabdian dan ikhlas.

Tentu saja, demikian pula sebaliknya, anak juga harus tetap menunjukkan rasa baktinya, kasih sayangnya, kepada orang tua mereka, sebagai wujud rasa syukur kita kepada mereka yang telah dengan susah payah (terutama ibu) mengasuh kita sewaktu kecil. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement