Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Pentingnya Laga Persahabatan Sebelum Liga Kembali Bergulir

Kamis 04 Jun 2020 21:04 WIB

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi

Fans West Ham United.

Fans West Ham United.

Foto: EPA/Peter Powell
Berbagai tim akan menemui kesulitan terkait kebugaran pemain.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Pelatih West Ham, David Moyes, mengungkapkan, The Hammers akan melakoni serangkaian laga persahabatan sebelum akhirnya kembali tampil di sisa Liga Primer Inggris musim ini.

Laga persahabatan ini dianggap menjadi salah satu cara paling efektif untuk mengembalikan kebugaran bertanding para penggawa The Hammers. Tidak hanya soal kebugaran, laga-laga persahabatan ini juga dinilai penting untuk kembali menajamkan takti dan strategi permainan tim.

''Kami akan memainkan sejumlah laga persahabatan. Kami akan berusaha mempersiapkan diri semaksimal mungkin sebelum kembali tampil di Liga Primer Inggris,'' kata Moyes di laman resmi klub seperti dilansir Standard, Kamis (4/6).

Mantan pelatih Everton itu menambahkan, pada saat ini, berbagai tim akan menemui kesulitan terkait kebugaran pemain dan ataupun penerapan taktik dan strategi dalam latihan pertandingan.

''Karena itu, kami ingin memanfaatkan keunggulan itu dengan melakukan beberapa laga uji coba tanpa kehadiran penonton,'' tutur Moyes.

Setelah dihentikan sementara pada pertengahan Maret silam akibat pandemi Covid-19, Liga Primer Inggris musim ini rencananya akan kembali bergulir pada 17 Juni mendatang. Sejumlah persiapan pun telah dilakukan kontestan Liga Primer Inggris berdasarkan rekomendasi dan arahan dari penyelenggara Liga Primer Inggris, Premier League.

Pada pekan ini, seluruh kontestan Liga Primer Inggris sudah diperbolehkan melakukan kontak fisik dalam latihan mereka. Pun dengan sesi latihan dalam kelompok besar.

Selain itu, Premier League juga memperbolehkan klub-klub menggelar laga persahabatan ataupun laga uji coba. Namun, Premier League berharap, klub-klub tetap menerapkan protokol kesehatan dalam laga uji coba tersebut.

Protokol kesehatan tersebut antara lain, para pemain harus berkendara sendiri-sendiri ke lokasi pertandingan dan sudah mengenakan seragam serta berbagai perlengkapan pertandingan.

Selain itu, jarak lokasi pertandingan tidak jauh dari kompleks latihan klub dan maksimal dapat ditempuh dengan perjalanan selama 90 menit. Moyes pun menegaskan, akan mengikuti semua ketentuan dan protokol kesehatan tersebut.

''Kami akan mengikuti semua pedoman dan protokol tersebut, karena kami tidak mau ada yang salah dalam usaha untuk melanjutkan kembali Liga Primer Inggris musim ini,'' tutur pelatih asal Skotlandia tersebut.

Di sisa Liga Primer Inggris musim ini, West Ham bakal melakoni tantangan besar untuk bisa menjauh dari zona degradasi. Pasalnya, saat Liga Primer Inggris dihentikan sementara, The Hammers berada di peringkat ke-16 dan memiliki poin yang sama dengan Bournemouth, yang duduk di peringkat ke-18.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA