Jumat 05 Jun 2020 06:56 WIB

Krisis Iklim Sebabkan Pohon dan Hutan Berumur Pendek

Perubahan iklim mempercepat kematian pohon.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Dwi Murdaningsih
Hutan Hujan Amazon Amerika
Foto: Wikipedia
Hutan Hujan Amazon Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kerusakan iklim dan penebangan pohon secara massal telah membuat hutan dunia secara signifikan berusia lebih pendek dan lebih muda secara keseluruhan. Menurut para ilmuwan, tren ini diperkirakan akan terus berlanjut.

Konsekuensinya begitu mengkhawatirkan bagi kemampuan hutan untuk menyimpan karbon. Analisis lebih dari 150 studi sebelumnya menemukan tingkat kematian pohon telah meningkat, dua kali lipat di Amerika Utara.

Baca Juga

Kerusakan hutan juga meningkat secara signifikan di Amazon. Dampak perusakan hutan telah memotong luas hutan tua menjadi sepertiga sejak 1900.

Kenaikan suhu yang disebabkan oleh pemanasan global juga memotong pertumbuhan dan meningkatkan kematian pohon. Lebih jauh lagi, suhu tinggi, kekeringan, angin badai tinggi dan hama dan penyakit lebih banyak mempengaruhi pohon yang lebih tua dan semuanya meningkat.

Ilmuwan di University of Birmingham, Inggris, Tom Pugh mengatakan bahwa studi ini mengkaji bukti yang meningkat bahwa perubahan iklim mempercepat kematian pohon. Pada gilirannya ini semakin mendorong hutan dunia untuk menjadi lebih muda dan lebih pendek.

"Pohon telah menjadi lebih kecil dan lebih muda selama abad terakhir, terutama karena efek perubahan penggunaan lahan manusia, dan gangguan seperti kebakaran hutan dan wabah serangga dan kekeringan. Ini adalah hal-hal yang meningkat dalam frekuensi dan tingkat keparahan," jelas Pugh dilansir di The Guardian, belum lama ini.

Nate McDowell, di Laboratorium Nasional Pasifik Barat Laut Departemen Energi AS, yang memimpin analisis mengatakan, selama seratus tahun terakhir dunia telah kehilangan banyak hutan tua. Hutan-hutan tua ini sebagian digantikan oleh non-hutan dan sebagian oleh hutan muda.

"Ini memiliki konsekuensi pada keanekaragaman hayati, mitigasi iklim, dan kehutanan," kata McDowell.

Penelitian, yang diterbitkan dalam jurnal Science termasuk analisis data satelit tentang perubahan penggunaan lahan, memperkirakan bahwa penebangan pohon oleh manusia telah memotong total luas hutan sebesar 12 persen sejak 1900.

Meningkatnya kadar karbon dioksida di atmosfer dapat meningkatkan pertumbuhan pohon tetapi para peneliti mengatakan ini tampaknya hanya terjadi di hutan yang lebih muda dengan nutrisi dan air yang melimpah. Namun, sebagian besar hutan memiliki nutrisi dan air yang terbatas, yang secara drastis mengurangi manfaat karbon dioksida untuk pohon.

Pugh mengatakan sebagian besar hutan di Inggris dan Eropa adalah contoh hutan pendek dan muda yang tidak wajar.

"Mereka bukan dari perawakan yang banyak dari hutan-hutan itu sebelum manusia secara mendasar mengubahnya dengan memanen secara berkala dan menanam spesies baru, dalam beberapa kasus monokultur,” katanya.

Prof. Tom Crowther, di ETH Zurich University di Swiss dan bukan bagian dari tim analisis, mengatakan studi ini sangat penting. Karena untuk waktu yang lama, para ilmuwan telah memperkirakan bahwa peningkatan CO2 dan pemanasan akan meningkatkan penyimpanan karbon di hutan yang akan membantu mengimbangi  perubahan iklim.

Tetapi studi ini menambah kekhawatiran yang berkembang bahwa faktor-faktor ini, bersama dengan gangguan manusia, mungkin sebenarnya mengurangi jumlah karbon yang tersimpan dalam ekosistem ini.

"Tetapi itu juga menunjukkan bahwa, jika kita dapat melindungi hutan yang sudah kita miliki, dan memungkinkan mereka untuk tumbuh menjadi dewasa, ada potensi besar bagi mereka untuk menangkap banyak karbon tambahan,” kata Prof. Crowther.

Prof Simon Lewis dari University College London mengatakan, karena hutan tua telah hilang, maka rata-rata, di seluruh dunia, hutan semakin pendek dan muda.

"Namun, berlawanan dengan hal ini, dan apa yang tidak disorot oleh para peneliti adalah bahwa di banyak hutan tua, yang terjadi adalah sebaliknya," kata Prof. Lewis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement