Kamis 04 Jun 2020 18:30 WIB

Legenda Liverpool Protes Keras Jika Arsenal Lepas Aubameyang

Carragher tidak yakin, Arsenal bisa mencari pemain sepadan.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Reaksi penyesalan penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang.
Foto: EPA-EFE/WILL OLIVER
Reaksi penyesalan penyerang Arsenal Pierre-Emerick Aubameyang.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kontrak Pierre-Emerick Aubameyang bersama Arsenal akan berakhir pada akhir musim depan, tepatnya pada 30 Juni 2021. Namun, hingga kini, belum ada titik terang terkait rencana perpanjangan kontrak mantan penyerang Borussia Dortmund tersebut di The Gunners.

Berdasarkan kebijakan baru klub, manajemen The Gunners akan berusaha melepas pemain yang telah memasuki dua tahun terakhir masa kontraknya. Kebijakan ini diharapkan bisa menghindarkan The Gunners dari potensi kerugian finansial lantaran kehilangan pemain dengan status free transfer akibat adanya ketentuan Bosman.

Dengan merujuk kebijakan baru tersebut, The Gunners dikabarkan siap melepas Aubameyang dengan banderol transfer 20 juta poundsterling pada bursa transfer musim panas kali ini.

Namun, mantan bek tengah Liverpool, Jamie Carragher, menyarankan The Gunners untuk mempertahankan penyerang timnas Gabon tersebut hingga kontraknya berakhir, meski dengan ancaman kehilangan potensi pemasukan dari transfer Aubameyang.

Menurut Carragher, yang kini menjadi pundit di Sky Sports, kehadiran Aubameyang bisa memperbesar peluang buat Arsenal untuk finish di empat besar Liga Primer Inggris dan mengamankan tiket Liga Champions.

''Mereka boleh saja memiliki kebijakan tertentu. Namun, Mikel Arteta (pelatih Arsena) tentu harus mempertimbangkan soal seberapa besar peluang mereka finish di empat besar apabila Aubameyang tetap bertahan,'' kata Carragher seperti dilansir Sky Sports, Kamis (4/6).

Sejak didatangkan dari Dortmund pada pertengahan musim 2017/2018, Aubameyang langsung menjadi andalan The Gunners di lini depan. Bahkan, pada musim lalu, eks penyerang AC Milan itu mampu mengakhiri Liga Primer Inggris sebagai top skorer, dengan torehan 22 gol.

Pada saat itu, Aubameyang berbagi tempat dengan duo penyerang Liverpool, Mohammed Salah dan Sadio Mane. Sementara pada musim ini, penyerang berusia 30 tahun telah mengemas 17 gol dan satu assist dari 26 laga di kancah Liga Primer Inggris.

Secara keseluruhan, Aubameyang telah mencetak 61 gol dari 97 penampilan di semua ajang selama dua setengah musim membela The Gunners. Di titik inilah, Carragher menilai, Aubameyang merupakan salah satu pemain terbaik di skuat tim asal London Utara tersebut.

Bahkan, Carragher tidak yakin, Arsenal bisa mencari pemain yang memiliki kualitas yang sepadan dengan Aubameyang, apabila mereka melepasnya pada bursa transfer musim panas mendatang. ''Pada titik tertentu, Aubameyang merupakan pemain yang terlalu bagus buat Arsenal.

Tidak mudah menemukan penyerang yang begitu tajam. Saya tentu akan memilih mempertahankan Aubameyang. Apakah Anda bisa pemain seperti itu, dengan harapan bisa langsung memiliki kiprah bagus. Jika tidak, maka Arsenal memiliki peluang lebih besar finish di empat besar dengan kehadiran Aubameyang,'' tutur Carragher.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement