Kamis 04 Jun 2020 16:57 WIB

Unggah Foto Kotak Hitam, Selebritas Dunia Tuai Kritikan

Saat mengunggah foto kotak hitam, para artis menggunakan tagar #BlackoutTuesday.

Rep: Meiliza Laveda / Umi Nur Fadhilah/ Red: Qommarria Rostanti
Dwayne Johnson
Foto: EPA
Dwayne Johnson

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Beberapa selebritas dunia seperti Katy Perry, Dwayne Johnson, dan Susan Sarandon menyoroti kebrutalan polisi dengan mengunggah foto kotak hitam di media sosial. Namun, tidak semua orang berpikir itu merupakan ide yang bagus.

Saat mengunggah foto kotak hitam di Instagram, banyak penyanyi dan pemain film menggunakan tagar #BlackoutTuesday dan #justicegeorgefloyd. Dilansir di Fox News, Blackout Tuesday merupakan salah satu bentuk protes yang diikuti beberapa negara atas kematian George Floyd.

Jon Bon Jovi, Steve Harvey, Don Cheadle, Kevin Bacon, Mandy Moore, Tiffany Trump, Ben Affleck, Ryan Reynolds, Jamie Lee Curtis, dan Chelsea Handler adalah sebagian besar selebritas yang telah berpartisipasi. Media CNN menulis artikel berjudul artikel berjudul "Mengapa Mengunggah Gambar Hitam dengan Tagar #BlackLivesMatter Bisa Lebih Berbahaya daripada Kebaikan."

Artikel menjelaskan, walaupun unggahan bermaksud baik, namun beberapa aktivis dan influencer telah menunjukkan bahwa mengunggah gambar hitam kosong disertai beberapa tagar akan menghambat saluran informasi dan pembaruan penting.

Seorang aktivis muda Amerika, Kenidra Woods, juga mengkritik orang yang berpartisipasi dalam Blackout Tuesday. Tagar #BlackLivesMatter dengan gambar hitam menarik perhatiannya.

"Kita tahu, itu merupakan niat baik, tetapi jujur saja, ini pada dasarnya merusak pesan. Tolong berhenti gunakan tagar disertai gambar hitam," tulis Woods dalam cicitannya di Twitter.

Dalam Blackout Tuesday yang digelar pada 2 Juni, industri hiburan menghentikan sementara kegiatannya. Dilansir di BBC beberapa waktu lalu, saluran musik MTV tidak mengudara selama delapan menit, sesuai lama waktu polisi menekan leher mendiang George Floyd. Saluran lain juga mengikuti, di antaranya VH1 dan Comedy Central. Sementara 4 Music menghentikan output-nya satu jam sekali sepanjang hari.

BBC Radio 1 dan Radio 2, Kiss, Magic, dan Absolute Radio melakukan pemadaman media sosial untuk menunjukkan rasisme dalam bentuk apa pun tidak dapat ditoleransi. Acara harian di ITV This Morning menjadi gelap dengan menampilkan layar hitam dengan tulisan "Black Lives Matter".

Presenter Alison Hammond mengatakan kematian Floyd sangat menyakitkan. Hammond merupakan ibu dari bocah lelaki berkulit hitam. "Ketika saya melihat gambar George Floyd, saya melihat saudara lelaki saya, ayah saya, putra saya, saya melihat putra semua orang. Jika kehidupan kulit hitam penting, kita tidak akan berada dalam situasi ini," ujarnya.

Pembawa acara radio, Zane Lowe, dari Apple Music mengunggah cicitan tidak akan datang ke studio untuk siaran. "Saya tidak hadir di radio. Saya ikut serta dalam Blackout Tuesday untuk mendengarkan, belajar, dan mencari solusi untuk memerangi ketidaksetaraan rasial," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement