Kamis 04 Jun 2020 12:35 WIB

Rapid Test 542 Orang di Sultra Semuanya Non Reaktif

Raapid test massal dilaksanakan lima hari berturut-turut sejak 30 Mei.

Petugas kesehatan memeriksa sampel darah saat Rapid Diagnostic Test (RDT) - ilustrasi
Foto: Wihdan Hidayat/ Republika
Petugas kesehatan memeriksa sampel darah saat Rapid Diagnostic Test (RDT) - ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, KENDARI -- Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara bersama Gugus Tugas Covid-19 setempat menggelar rapid test massal secara gratis terhadap 542 orang. Hasilnya, semuanya dinyatakan non reaktif atau negatif dari virus Covid-19.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Sultra dr Ridwan di Kendari, Kamis (4/6) mengatakan rapid test massal dilaksanakan lima hari berturut-turut sejak 30 Mei hingga batas waktu yang tidak ditentukan. "Rapid test gratis digelar setiap hari sekitar 100-an orang di Laboratorium Kesehatan Daerah Dinas Kesehatan Sultra. Syukur rapid test terhadap 542 orang sejuah ini dengan hasil non reaktif," kata Ridwan.

Baca Juga

Hari pertama 30 Mei 2020 petugas medis gabungan Dinas Kesehatan dan Gugus Tugas Covid-19 melakukan rapid test terhadap 101 orang dengan hasil non reaktif atau negatif. Hari kedua 31 Mei 2020 rapid test diikuti 108 orang, hari ketiga 1 Juni 2020 sebanyak 114 orang, hari keempat 2 Juni 2020 diikuti 102 orang dan hari kelima 3 Juni 2020 sebanyak 117 orang.

"Rapid test 542 orang yang dilaksanakan lima hari berturut-turut cukup menggembirakan karena tidak satu pun yang ditemukan reaktif atau terindikasi viris Corona," kata Plt Kadis Komunikasi dan Informatika Sultra Syaifullah.

Rapid test menjadi syarat wajib bagi mereka yang harus bepergian sebagaimana diatur dalam surat edaran Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Nomor 4 Tahun 2020 Tentang Kriteria Pembatasan Perjalanan Orang Dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Rapid test adalah skrining awal virus Corona dalam tubuh melalui sampel darah. Sampel inilah yang memberi informasi adanya imunoglobulin atau IgM dan IgG dalam tubuh manusia.

Hasil rapid test akan terbaca perlu waktu 10 hingga 15 menit berupa garis pada keterangan C, IgG, dan IgM. Garis pada C mengindikasikan pasien non reaktif (negatif), sedangkan garis pada C dan IgG atau IgM menandakan pasien reaktif (positif).

Pada pasien negatif biasanya tes akan diulang dalam waktu 7-10 hari. Pengecekan ulang untuk memastikan tubuh tidak memproduksi IgM atau IgG akibat paparan virus Corona. "Pembentukan IgM dan IgG perlu waktu beberapa minggu bergantung pada reaksi tubuh," ujar dr Wayong, Jubir Gugus Tugas Covid-19 Sultra.

 

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement