Kamis 04 Jun 2020 08:11 WIB

Respons Kevin Prince-Boatang Soal Ketidakadilan Rasial

Kevin Prince-Boateng Usul Ada Satu Hari Libur untuk Profesional Kulit Hitam

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Agung Sasongko
Kevin-Prince Boateng
Foto: EPA-EFE/ELISABETTA BARACCHI
Kevin-Prince Boateng

REPUBLIKA.CO.ID, ISTANBUL -- Kevin Prince-Boatang mengusulkan agar semua profesional kulit hitam harus ambil libur sehari. Pemain Fiorentina itu menyuarakan pendapatkan menyusul kematian George Floyd oleh empat polisi di Amerika Serikat.

Tewasnya Floyd kemudian memicu protes dan kerusuhan di mana-mana, sehingga Boateng ikut memberikan dukungan atas ketidakadilan tersebut. ''Lakukan satu hal. Liburkan semua orang kulit hitam dari olahraga dan aktor kulit hitam dari film, dan bagaimana itu akan bekerja? Membosankan,'' ucap Boateng, dikutip dari Marca, Kamis (4/6).

Ia juga ingin ada hari dimana semua pemain kulit hitam tidak bekerja, misalnya saat ulang tahun Floyd. Bukan karena tidak ingin bekerja atau tidak menghormati klub. Tapi langkah itu untuk menghormati komunitas orang kulit hitam.

Pemain yang sedang dipinjamkan ke Besiktas dari Fiorentina itu, minta masyarakat melakukan sesuatu untuk melawan rasialisme. Pemain kelahiran Jerman berdarah Ghana itu membayangkan, jika idenya tersebut kemudian diikuti oleh orang kulit putih untuk mengambil libur selama satu hari.

''Saya bayangkan itu Sabtu, hari pertandingan, itu akan jadi pesan yang besar. Saya berusaha melakukan sesuatu karena tidak ada apapun,'' kata Boateng. 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement