Saturday, 20 Zulqaidah 1441 / 11 July 2020

Saturday, 20 Zulqaidah 1441 / 11 July 2020

Cerita Astronaut NASA Meluncur ISS Pakai Pesawat SpaceX

Kamis 04 Jun 2020 06:28 WIB

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Dwi Murdaningsih

Peluncuran astronaut NASA dengan kapsul Crew Dragon milik SPaceX.

Peluncuran astronaut NASA dengan kapsul Crew Dragon milik SPaceX.

Foto: AP/John Raoux
Dua astronaut kawakan meluncur ke ISS pada Sabtu (30/5) dengan kapsul Crew Dragon.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Astronaut Badan Antariksa AS (NASA) Doug Hurley dan Bob Behnken menceritakan perjalanan bersejarah mereka ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS) dalam kapsul Dragon Endeavour SpaceX. Keduanya meluncur ke ISS, Sabtu (30/5).

Dikutip dari Foxnews.com Behnken mengatakan bahwa tahap pertama pendakian mereka lebih lancar daripada yang mereka alami dalam misi ulang-alik. Sementara ia menyebut tahap kedua "sedikit lebih kasar."

Kendati demikian, Behnken menyebut bahwa dirinya dan Hurley sudah memprediksikan hal itu. Hurley juga menggambarkan momen saat docking kapsul mereka dengan Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Kedua astronot yang merupakan astronot kawakan dari misi Space Shuttle itu, naik ke laboratorium ruang angkasa yang mengorbit pada hari Ahad setelah peluncuran misi Demo-2 dari Kennedy Space Center.

Mereka menggunakan roket SpaceX Falcon 9. Misi ini adalah yang pertama kali diluncurkan oleh para astronaut dari Amerika sejak penerbangan terakhir Space Shuttle pada tahun 2011.

Behnken dan Hurley melakukan perjalanan dengan pakaian antariksa SpaceX baru yang dirancang khusus yang menggantikan pakaian antariksa massal dari misi sebelumnya.

"Untuk Doug dan aku, kita harus memberikan peringkat bintang 5 pada baju ini," kata Behnken.

Pada kedatangan mereka di Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS), para astronaut disambut hangat oleh sesama astronaut NASA, Chris Cassidy, komandan Ekspedisi Stasiun Luar Angkasa 63 dan kosmonot Rusia Anatoly Ivanishin dan Ivan Vagner.

Durasi tinggal mereka di Stasiun Luar Angkasa itu belum diketahui.

Baca Juga

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA