Kamis 04 Jun 2020 00:14 WIB

Iran-Irak Perkuat Hubungan Ekonomi dan Energi

Pejabat Iran mengunjungi Irak untuk memperluas dan memperkuat hubungan ekonomi.

Rep: IRNA/ Red: Elba Damhuri
Bendera Iran Irak
Bendera Iran Irak

REPUBLIKA.CO.ID, BAGHDAD -- Menteri Energi Iran Reza Ardakanian mengatakan memperluas dan memperkuat hubungan ekonomi dengan Irak adalah salah satu tujuan Iran. Hal ini disampaikan Reza dalam pertemuan dengan Menteri Kelistrikan Irak Majid Mahdi Hantoush di Baghdad pada Rabu (3 Juni).

Iran juga mengucapkan selamat kepada pejabat Irak atas pembentukan kabinet baru Irak. Ardakanian menyatakan bahwa pembahasan perjanjian energi sebelumnya di antara kedua negara, dan sukses program listrik Irak menjadi pencapaian kunjungannya ke Irak.

Sebelumnya, Ardakanian dan Presiden Irak Barham Salih dalam pertemuan di Baghdad membahas peningkatan hubungan bilateral, terutama di bidang energi dan listrik.

Ardakanian seharusnya mengadakan pembicaraan dengan Perdana Menteri Irak Mustafa Al-Kadhimi, dan gubernur bank sentral Irak. Setelah kedatangannya di Baghdad, Ardakanian mengadakan pertemuan dengan mitranya dari Irak.

Ardakanian juga bertemu dengan Ali Abdul Amir Alavi, Menteri Keuangan Irak. Amir Alavi dijadwalkan untuk mengunjungi Iran atas undangan rekan Iran-nya ini.

Iran dan Irak akan mengembangkan kerja sama listrik Teheran-Baghdad, menyinkronkan jaringan listrik, dan membangun kerja sama dalam pendidikan.

 

sumber : IRNA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement