Rabu 03 Jun 2020 21:01 WIB

Pasien Covid-19 Sembuh Bertambah Tiga Orang di Lampung

Sedangkan pasien positif yang meninggal masih tetap 11 orang.

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Andi Nur Aminah
Dua pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh berjalan keluar ruang isolasi (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Mohamad Hamzah
Dua pasien positif COVID-19 yang telah dinyatakan sembuh berjalan keluar ruang isolasi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Jumlah pasien positif Covid-19 di Lampung tidak ada penambahan atau nihil kasusnya pada Rabu (3/6). Namun, jumlah pasien positif yang sembuh bertambah tiga orang lagi menjadi 83 orang. Sedangkan pasien positif yang meninggal masih tetap 11 orang.

 

Baca Juga

“Kasus konfirmasi positif Covid-19 sebanyak 136 kasus, alhamdulillah tidak ada penambahan kasus positif hari ini, yang masih dirawat 42 orang, yang meninggal dunia 11 orang, yang sembuh bertambah menjadi 83 orang,” kata Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Lampung dr Reihana pada konferensi pers di Bandar Lampung, Rabu (3/6) petang.

 

 

Dia mengatakan, tiga pasien positif yang sembuh yakni pasien 17, laki-laki berusia 29 tahun asal Kabupaten Lampung Utara, dinyatakan sembuh pada 30 Mei 2020. Pasien 37 laki-laki berusia 32 tahun berasa dari Kabupaten Lampung Utara, dan  pasien 106, perempuan usia 80 tahun dari Kota Bandar Lampung.

 

Reihana, yang juga kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Lampung menyatakan, pasien positif Covid-19 yang dinyatakan sembuh total, bila sudah mendapatkan hasil laboratorium terhadap sampel swab sebanyak dua kali dengan positif semua.

 

Sedangkan pasien positif yang dinyatakan sembuh, ada yang masih dirawat di rumah sakit. Ada juga yang sudah diperbolehkan pulang, bergantung dengan kondisi tubuhnya saat itu.

 

Berdasarkan data Dinkes Lampung, Rabu (3/6), jumlah ODP 3.183 orang, masih dipantau 14 hari ada sebayakm 40 orang. Yang selesai dipantau 3.135 orang, ODP meninggal dunia 8 orang. Jumlah PDP 114 orang, masih dirawat 18 orang, sudah pulang atau sembuh 74 orang, dan PDP meninggal dunia 22 orang.

 

Sedangkan pasien positif Covid-19 di Lampung berjumlah 136 orang, masih dirawat 42 orang, sembuh 83 orang, dan meninggal dunia 11 orang. Menurut Reihana, dari jumlah 15 kabupaten/kota di Lampung, tim gugus menyatakan ada dua kabupaten yang layak menerapkan new normal. Kedua wilayah itu yakni Kabupaten Mesuji dan Lampung Timur.

“Kedua kabupaten tersebut telah dilakukan kajian epidemiologi, sistem kesehatan, dan surveilens, juga tidak ada kasus positif Covid-19,” katanya.

 

Dia menyatakan, masyarakat tidak perlu bingung dengan pernyataan pusat terkait dengan wilayah penerapan new normal di Lampung. Menurut dia, yang melakukan kajian epidemiologi, sistem kesehatan, dan sistem surveilens adalah daerah masing-masing, bukan pusat secara detil. Saat ini, tim gugus sedang melakukan kajian epidemiologi, sistem kesehatan dan sistem surveilens terhadap Kabupaten Tulangbawang, Waykanan, dan Mesuji. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement