Rabu 03 Jun 2020 20:12 WIB

Tungku Meledak, Pekerja Pabrik di Purwakarta Meninggal

Korban meninggal dunia terlempar kurang lebih 10 meter dari tungku yang meledak.

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andi Nur Aminah
Api yang memancar akibat ledakan (ilustrasi).
Foto: Thebangladeshtoday.com/ca
Api yang memancar akibat ledakan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWAKARTA -- Kebakaran terjadi di PT Indo Gama Ferro Alloys, Rabu (3/6). Kebakaran disebabkan tungku yang digunakan untuk peleburan biji besi yang meledak.

Kasatreskrim Polres Purwakarta AKP Handreas Ardian mengatakan meledaknya tungku tersebut menyebabkan kebakaran. Salah seorang pekerja di pabrik yang terletak di Jalan industri KM10 Kampung Congeang Desa Cilangkap Kecamatan Babakan cikao ini pun meninggal dunia.

Baca Juga

“Rabu tanggal 3 Juni 2020 sekira pukul 14.18 WIB terjadi kecelakaan kerja yang mengakibatkan korban meninggal dunia,” kata Handreas.

Kasatreskrim menjelaskan korban bernama Ento berumur 47 tahun. Saat itu korban bersama karyawan lain sedang bekerja di tungku untuk melakukan peleburan bahan baku berupa batu mangan yang diolah menjadi besi. Bahan baku tersebut dimasukan ke dalam tungku tersebut dengan menggunakan sekop besi panjang.

Namun, kata dia, saat proses tersebut tiba-tiba tungku peleburan meledak. Akibatnya korban yang ada di lokasi tersebut terkena ledakan. “Korban meninggal dunia terlempar kurang lebih 10 meter dari lubang tungku,” ujarnya.

Selain korban meninggal, dua orang mengalami luka berat dan dilarikan ke RS Ramahadi. Sementara lima orang lagi luka ringan. Saat ini, kepolisian masih menyelidiki penyebab meledaknya tungku tersebut. “Sementara belum diketahui penyebab ledakan tersebut,” ucapnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement