Saturday, 20 Zulqaidah 1441 / 11 July 2020

Saturday, 20 Zulqaidah 1441 / 11 July 2020

Peluang Bisnis Startup Pasca Pandemi Covid-19

Kamis 04 Jun 2020 06:05 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Peluang Bisnis Startup Pasca Pandemi Covid-19. (FOTO: Unsplash/Daniel Korpai)

Peluang Bisnis Startup Pasca Pandemi Covid-19. (FOTO: Unsplash/Daniel Korpai)

Peluang Bisnis Startup Pasca Pandemi Covid-19

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Ketika pandemi terus berdampak pada hampir setiap aspek kehidupan, akan ada peluang besar baru untuk bisnis startup yang bisa digarap. Mengutip Forbes, ada beberapa peluang jangka pendek dan jangka panjang yang dapat dimanfaatkan di tengah situasi pasca pandemi Covid-19.

Ketika pandemi Covid-19 meningkat, layanan kebersihan meningkat di sejumlah daerah. Sejumlah perusahaan pembersih telah melihat peningkatan dalam permintaan untuk layanan tambahan karena orang diingatkan untuk terus menjaga kebersihan dan mendisinfeksi semua area, kantor, dan fasilitas yang biasa digunakan untuk mencegah penyebaran virus.

Baca Juga: Startup Edukasi 'Cakap' Panen Pengguna Hingga Lima Kali Lipat Selama Pandemi

Setelah pandemi berangsur berkurang, salah satu syarat bagi bisnis untuk dibuka kembali adalah melakukan pemeriksaan karyawan secara teratur sebelum seorang karyawan memasuki tempat kerja. Siapa yang akan menyediakan layanan ini menjadi peluang bisnis baru untuk melakukan tugas tersebut.

Di era new normal, masker wajah masih menjadi hal wajib. Kebutuhan untuk ini diprediksi bakal terjadi hingga 1 tahun ke depan. Masker pun bukan sekadar masker, mendesain masker menjadi lebih stylish menjadi peluang yang menjanjikan.

Tidak hanya itu, ada beberapa peluang bisnis baru yang bersifat jangka panjang. Selama ini, bisnis pengiriman berusaha mendapatkan dukungan untuk bisnis mereka. Situasi saat ini akan menjadi dukungan yang sangat tepat bagi pelaku industri pengiriman untuk mendapatkan pelanggan-pelanggan baru.

Meingkatnya layanan pengiriman tentu saja dipengaruhi oleh meningkatnya perdagangan elektronik. Selama masa pandemi, potensi pukulan mematikan ke toko-toko ritel fisik akan mempercepat e-commerce ke tingkat yang lebih tinggi. Chewy, toko hewan peliharaan online, telah melihat ledakan pesanan dalam beberapa bulan terakhir.

Kebijakan bekerja dari rumah juga memberikan kesempatan kepada aplikasi dengan layanan komunikasi jarak jauh. Terlebih lagi di era new normal, aturan untuk menjaga jarak masih ditekankan. Hal itu membuat aplikasi yang mendukung kegiatan jarak jauh akan tetap dibutuhkan.

Tidak hanya komunikasi jarak jauh, saat virus corona terus menyebar, kebutuhan akan kebugaran juga masih sangat dibutuhkan. Lagi-lagi dengan kebijakan menjaga jarak, layanan kebugaran juga dilakukan secara jarak jauh. SoulCycle misalnya, menawarkan sepeda studio bersepeda yang sekarang tersedia untuk pre-order dengan banderol harga US$2.500, dengan perusahaan mengatakan akan merilis kelas virtual berdasarkan permintaan akhir tahun ini.

Hiburan tentu tidak ketinggalan. Selama masa pandemi banyak hiburan yang ditutup sementara, olahraga, bioskop, bahkan peluncuran film semua ditunda. Saat situasi kembali dengan normal baru, sepertinya hiburan tidak akan cepat kembali seperti semula karena masih ada pembatasan.

Dengan meningkatnya aktivitas melalui internet, tentu saja keamanan cyber perlu ditingkatkan. Ketika Anda bekerja dari jarak jauh, semua aplikasi standar tiba-tiba akan datang di bawah serangan peretasan cyber

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA