Rabu 03 Jun 2020 16:24 WIB

MUI Jabar Tegaskan Sholat Jumat 2 Sesi tidak Sah

MUI Jabar mengimbau agar tetap melaksanakan sholat Jumat satu sesi.

MUI Jabar mengimbau agar tetap melaksanakan sholat Jumat satu sesi. Ilustrasi sholat Jumat berjamaah
Foto: Republika/Thoudy Badai
MUI Jabar mengimbau agar tetap melaksanakan sholat Jumat satu sesi. Ilustrasi sholat Jumat berjamaah

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG— Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat menyatakan apabila sholat Jumat dilakukan dua sesi atau lebih karena adanya pembatasan kapasitas, maka dapat dinyatakan tidak sah.

Sekretaris MUI Jawa Barat, Rafani Achyar, mengatakan hal tersebut menurutnya sesuai dengan fatwa MUI Tahun 2000. Sehingga menurutnya sholat Jumat harus tetap dilakukan satu sesi seperti biasanya.

Baca Juga

"Jadi itu dianggap tidak sah berdasarkan fatwa MUI pusat Tahun 2000. Tetap itu satu sesi, tidak boleh dua gelombang," kata Rafani di Bandung, Rabu (3/6).

Maka dari itu, ia menganjurkan sholat Jumat tetap dilakukan dengan memperhatikan pembatasan jarak, meski para jamaahnya harus salat di luar masjid.

"Umpamanya kalau pun kapasitasnya dibatasi, tidak apa-apa sampai ke belakang, sampai ke jalan juga gitu. Demi memperhatikan protokol medisnya," kata dia.

Selain itu, ia juga mengimbau kepada para khatib untuk mempersingkat kutbahnya. Jangan sampai sesi sholat Jumat memakan waktu terlalu lama hingga berpotensi menyebarkan Covid-19.

"Kita sudah menganjurkan kutbahnya tidak boleh panjang-panjang, jadi proporsional saja. Termasuk imam, membaca ayatnya jangan yang panjang-panjang," katanya.

Kemudian, ia mengimbau para jemaah agar tidak berlama-lama berada di masjid apabila proses Sholat Jumat sudah selesai. Hal itu menurutnya demi mengantisipasi terjadinya kerumunan yang tidak perlu. "Setelah selesai sholat, jangan melakukan kerumunan-kerumunan, salam-salaman. Jadi setelah dzikir, sholat sunnah, langsung bubar saja," katanya.  

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement