Wednesday, 17 Zulqaidah 1441 / 08 July 2020

Wednesday, 17 Zulqaidah 1441 / 08 July 2020

PTPN Grup Targetkan Produksi Satu Juta Ton Gula

Rabu 03 Jun 2020 14:47 WIB

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Fuji Pratiwi

Pekerja menata tumpukan tebu untuk digiling di pabrik gula Sei Semayang PTPN II Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, pada Februari lalu. PTPN Grup optimistis menargetkan produksi satu juta ton gula pada anak perusahaan (PTPN Gula) dalam musim giling tebu tahun ini.

Pekerja menata tumpukan tebu untuk digiling di pabrik gula Sei Semayang PTPN II Kabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara, pada Februari lalu. PTPN Grup optimistis menargetkan produksi satu juta ton gula pada anak perusahaan (PTPN Gula) dalam musim giling tebu tahun ini.

Foto: Antara/Septianda Perdana
Target produksi tersebut 84 persennya berasal dari petani tebu rakyat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Holding Perkebunan Nusantara optimistis menargetkan produksi satu juta ton gula pada anak perusahaan (PTPN Gula) dalam musim giling tebu tahun ini.

Baca Juga

Direktur Utama Holding Perkebunan Nusantara Muhammad Abdul Ghani mengatakan, pelaksanaan giling tebu tsesuai jadwal guna mendukung program pemenuhan bahan pokok gula. Hal tersebut sekaligus menjaga stabilitas harga gula di masyarakat yang saat ini melebihi Harga Eceran Tertinggi (HET) akibat stok gula yang kian menipis di tengah pandemi Covid-19.

Oleh karena itu, ucap Ghani, holding yang menaungi pabrik gula (PG) di PT Perkebunan Nusantara (PTPN) Grup secara bertahap memulai giling pada 30 Mei 2020 di PG Gempolkrep, Mojokerto, Jawa Timur. Kemudian dilanjutkan ke PG yang lain sesuai perencanaan dan strategi giling. Holding Perkebunan Nusantara telah menyiapkan izin operasional giling dan mobilisasi aktivitas tenaga kerja dalam pemenuhan pangan di tengah pandemi Covid-19.

"Melindungi karyawan dan petani merupakan langkah yang dilakukan Grup PTPN dalam menghadapi The New Normal. Karena keselamatan karyawan menjadi prioritas utama dalam keberlangsungan bisnis perseroan," ujar Ghani dalam keterangan tertulisnya yang diterima Republika di Jakarta, Rabu (3/6).

Ghani menjelaskan, total areal tanaman tebu milik PTPN IX, X, XI, XII, XIV, II, dan VII maupun milik petani tahun ini sekitar 168 ribu hektare dan diproyeksikan mampu menghasilkan tebu untuk digiling mencapai 12,2 juta ton. Ghani menyampaikan target pencapaian produksi gula satu juta ton dengan tingkat rendemen pada kisaran delapan persen yang bersumber dari bahan baku tebu di Jawa, dengan 84 persen berasal dari petani tebu rakyat.

Dengan begitu, PTPN Grup diharapkan dapat bersinergi dan mendukung setiap wilayah pabrik gula untuk meningkatkan pelayanan dan memastikan penggilingan seluruh tebu petani binaan. "Untuk mencapai target produksi gula tersebut perseroan telah menyiapkan peralatan pabrik," kata Ghani.

Hal tersebut perusahaan lakukan dengan perawatan dan investasi peralatan, analisis pendahuluan sampel tebu dan persiapan tebang, muat dan angkut untuk menjamin keandalan dan efisiensi giling.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA