Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Tuesday, 16 Zulqaidah 1441 / 07 July 2020

Hindari Iritasi Kulit Saat Memakai Masker dengan Cara Ini

Rabu 03 Jun 2020 14:01 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Qommarria Rostanti

Menggunakan masker (ilustrasi)

Menggunakan masker (ilustrasi)

Foto: Republika
Tempatkan tisu di ujung hidung untuk menghindari iritasi kulit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jika kamu merupakan salah satu dari sekian banyak orang yang menggunakan masker salama karantina, ada kemungkinan kamu menjadi frustrasi pada bagian luar masker. Penggunaan masker memang penting untuk memerangi penyebaran Covid-19. Tapi itu tidak mengubah fakta bahwa masker bisa membuat tidak nyaman saat digunakan.

Ada beberapa tips agar masker yang digunakan menjadi nyaman dan tidak merepotkan. Dikutip di laman Thelist, cara pertama yaitu dengan menyemprotkan masker menggunakan pembersih antibakteri. Perawat jantung, Jenny Rusin, menjelaskan cara ini dapat membuat apa yang dihirup sepanjang hari menjadi harum.

Cara lainnya, dengan menempatkan tisu di ujung hidung. Menurut seorang, dokter Nancy Rose, ini dapat mencegah iritasi kulit yang terjadi akibat penggunaan masker.

Jika tali pengikat masker membuat telinga sakit, kamu bisa memanfaatkan klip kertas. Pemilik VEGA Vitality, sebuah perusahaan yang menawarkan berbagai layanan medis dan kecantikan, Ashley Hilmes mengatakan kamu bisa melilitkan kedua tali masker di samping kanan dan kiri pada ujung klip kertas. Setelah itu, tarik klip kertas ke arah belakang kepala. Dengan begitu, tali pengikat masker tidak menyentuh telinga bagian belakang dan tidak menyebabkan sakit.

Penata rambut, Jill Chambers, mengatakan manfaatkan perekat ganda (double tape) juga bisa agar masker nyaman dipakai. Caranya, tempelkan double tape pada sisi masker sehingga sisi masker dan pipi saling menempel. Menurut dia, penggunaan double tape aman. "Aman untuk digunakan pada kulit dan agar ujung tali masker tidak perlu dikaitkan di telinga," ujarnya.

Jika tak ada satu pun dari opsi tersebut yang cocok, laman HuffPost merekomendasikan untuk memilih masker dengan tali bahan dibandingkan pita elastis. Kamu juga bisa membeli beberapa barang tambahan agar telinga tidak sakit saat memakai masker. Salah satunya, ekstender pengait telinga yang dipasang di topi atau ikat kepala dengan kancing untuk mengikat tali.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA