Rabu 03 Jun 2020 13:32 WIB

Cendekiawan Kashmir: Islam Jadi Kekuatan Kohesif di Dunia

Cendekiawan Kashmir menyatakan kedudukan penting Islam di dunia.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Cendekiawan Kashmir menyatakan kedudukan penting Islam di dunia. Ilustrasi peradaban Islam.
Foto: pxhere
Cendekiawan Kashmir menyatakan kedudukan penting Islam di dunia. Ilustrasi peradaban Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI – Mantan wakil rektor Universitas Kashmir, Prof Riyaz Punjabi berbicara mengenai Islam dalam tatanan dunia yang terus bergejolak.

"Islam sebagai unit geografis dan sosial dari entitas global yang besar memberikan pemikiran dan kasus yang representatif untuk memahami fungsi unit dalam aspek yang berbeda dalam entitas yang lebih besar yang dianggap sebagai dunia," kata dia dilansir dari laman Ani News, Rabu (3/6).

Baca Juga

Riyaz mengungkapkan, perubahan lingkungan, iklim, ekonomi, dan struktural yang disebabkan virus Covid-19 telah mengganggu kesepakatan global dengan konsekuensi bencana. 

Dunia berangsur-angsur bangun untuk menyesuaikan diri dengan perubahan keadaan sekitar. Ironisnya, tujuan dan sasaran strategis tetap tidak dapat diubah. Ini harus menjadi analisis yang berharga untuk mengukur kekuatan suatu unit dalam menentukan jalannya peristiwa di masyarakat.

Islam merupakan agama terbesar kedua di dunia. Lebih dari 1,8 miliar pengikut atau 24,1 persen dari populasi dunia yang dikenal sebagai Muslim.

Muslim tersebar di hampir setiap bagian dunia. Jumlah yang bervariasi memberikan status sosial, dan politik tertentu kepada mereka. Status ini bersama dengan negara yang memberikan kepada mereka identitas agama, dan budaya tertentu.

Menurut Wikipedia, Muslim membentuk mayoritas populasi di 49 negara. Sebesar 91 persen muslim berada di Timur Tengah-Afrika Utara, 89 persen di Asia Tengah, 40 persen di Asia Tenggara, 31 persen di Asia Selatan, 30 persen di Sub-Asia. 

Afrika Sahara, 25 persen di Asia-Oseania, sekitar enam persen di Eropa dan satu persen di Amerika.

Agama Islam muncul di wilayah yang mengalami kemunduran di Semenanjung Arab. Ini telah mengubah habitat suku-suku yang bertikai dan panglima perang.

"Islam memprakarsai proses pengajaran atau pembelajaran dan merangsang orang-orang bodoh untuk menjalani kehidupan yang layak dan berbudaya. Ilmu (pengetahuan) adalah landasan Islam," ucap Prof Riyaz.

Dalam wahyu pertama Alquran, itu ditahbiskan pada setiap pria dan wanita Muslim untuk memperoleh pengetahuan. Lebih jauh Tuhan menyerukan umat manusia, 'Baca! Saya telah memberi Anda pena agar Anda memperoleh pengetahuan'. Ada konteks historis yang luas pada penekanan ini untuk memperoleh pengetahuan.

Bahkan Semenanjung Arab, jauh sebelum jatuh ke dalam penjajah dan hancur menjadi beberapa bagian. Mereka telah menghasilkan filsuf besar, astronom, matematikawan, ahli biologi dan ahli bedah dan lainnya.

Faktanya, ketika Eropa jatuh ke dalam jurang kegelapan dan kehilangan semua harta pengetahuan, orang-orang Arab yang merupakan penerjemah hebat, menyimpan harta-harta ini. Hal ini yang membuat orang Eropa tetap terikat pada mereka.

"Karena itu, memperoleh pengetahuan tetap menjadi titik fokus dalam Islam. Ada aspek-aspek lain untuk akuisisi bangunan Islam ini. Ini mungkin aspek kehidupan tetapi ini adalah struktur penting dari keberadaan yang menyatu pada apa yang digambarkan sebagai tatanan dunia," kata peraih Padma Shri 2011, salah satu penghargaan sipil tertinggi India.

"Sangat menarik untuk dicatat bahwa sebagian besar Alquran menggambarkan kengerian kehancuran, penghancuran peradaban dan kisah-kisah naik dan turunnya kekaisaran di mana istana dan rumah-rumah direduksi menjadi debu" lanjut dia.

Islam tetap damai selama masa Nabi Muhammad dan kemudian selama masa dua Khalifah yang terkenal, Abu Bakar dan Umar bin Khatab. 

Namun, pertikaian telah mulai muncul secara bertahap yang mengambil bentuk kelompok yang dikenal sebagai 'Khawarij'. Perkembangan ini kemudian mengarah pada pembunuhan dua Khalifah terkemuka lainnya dan sahabat dekat Nabi Muhammad, Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalib.

Evolusi ini secara bertahap menghasilkan pembentukan dua sekte utama Islam, Sunni dan Syiah. Perpecahan di antara umat Islam telah menghasilkan pemberontakan, pembantaian dan perpecahan wilayah dengan konsekuensi politik internasional.

Di Pakistan yang merupakan negara mayoritas Muslim, terdapat bentrokan Syiah-Sunni. Konfrontasi berdarah merupakan seruan pada hari ini, yang memakan ribuan orang secara teratur.

Dimensi ini memungkinkan mereka untuk menjadi bagian dari permainan catur tatanan global dan memainkannya sesuai keinginan mereka. Perlu diakui bahwa Islam tetap menjadi kekuatan kohesif dalam pembentukan kekaisaran di berbagai belahan dunia di berbagai belahan waktu. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement