Rabu 03 Jun 2020 11:57 WIB

UMS Jadi PTS Terbaik di Indonesia 2020 Versi Uni-Rank

Posisi itu membuat UMS sebagai PTS terbaik dan terpopuler di Indonesia

Rep: Binti Sholikah/ Red: Gita Amanda
Universitas Muhammadiyah Surakarta jadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi UniRank
Foto: ums.ac.id
Universitas Muhammadiyah Surakarta jadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia versi UniRank

REPUBLIKA.CO.ID, SUKOHARJO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, menjadi perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia tahun 2020 versi lembaga pemeringkatan internasional, Uni-Rank.

Belum lama ini, lembaga perangkingan perguruan tinggi internasional, UniRank lewat lamannya 4icu.org merilis Top Universities in Indonesia 2020 Indonesian University Ranking.

Baca Juga

Sesuai peringkat yang dirilis 4icu.org tersebut, kampus yang terletak di Jalan Ahmad Yani, Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, tersebut bertengger di urutan nomor 11 terbaik dari 573 Peguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di Tanah Air. Urutan pertama diduduki Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta.

Posisi itu membuat UMS sebagai Perguruan Tinggi Swasta (PTS) terbaik dan terpopuler di Indonesia. Urutan nomor 1-10 semuanya dihuni oleh perguruan tinggi negeri. Dari urutan itu, bahkan UMS juga masih berada di atas perguruan tinggi negeri terkemuka di Indonesia.

"Ini pencapaian yang baik bagi UMS. UniRank memeringkat 573 perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dan UMS masuk 11 besar bersama perguruan tinggi negeri berpengaruh di tanah air. Untuk perguruan tinggsi swasta, UMS masih menjadi PTS terbaik di Indonesia," kata Rektor UMS Sofyan Anif, seperti tertulis dalam siaran pers, Selasa (2/6).

Tahun 2019 lalu, dalam versi UniRank, UMS juga menyandang perguruan tinggi swasta terbaik. UniRank juga pernah menobatkan UMS sebagai perguruan tinggi Islam paling populer nomer lima di dunia.

Kriteria penilaian dari UniRank atau 4icu.org di antaranya, perguruan tinggi yang mendapat lisensi atau akreditasi dari organisasi penilai di negara tersebut. Kedua, perguruan tinggi yang menyediakan program pendidikan dari sarjana, magister hingga doktoral. Penilaian lainnya berdasarkan Perguruan Tinggi yang menyediakan pelatihan atau pengajaran yang menggunakan sistem pendidikan tradisional yang melibatkan interaksi langsung atau tatap muka dan tidak dilakukan dari jarak jauh.

UniRank/4icu.org merupakan lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di dunia yang bisa dilihat dari skala global, region, maupun masing-masing negara. Pada prinsipnya 4ICU tidak mendasarkan pada kualitas akademik perguruan tinggi, tetapi lebih kepada non-akademik.

Sofyan Anif menyebut prestasi yang diraih UMS selama ini merupakan bukti UMS benar-benar dikelola dengan tata kelola yang baik dan profesional serta dengan kesungguhan yang luar biasa. Prestasi itu juga sebagai balasan atas kepercayaan masyarakat terhadap UMS.

Menurutnya, pencapaian UMS sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Indonesia dan masuk dalam jajaran 11 besar perguruan terbaik di Indonesia merupakan sebuah kebanggaan. "Pencapaian ini akan kami jadikan sebagai penyemangat untuk terus menjadikan UMS sebagai perguruan tinggi yang berkualitas, baik dari segi akademik maupun non akademik," pungkas Sofyan Anif.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement