Rabu 03 Jun 2020 10:57 WIB

Emil: Mall di Jabar Bisa Buka dengan Kapasitas 50 Persen

Emil mengatakan mall di Jabar bisa buka dengan kapasitas 50 persen saat AKB.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Bayu Hermawan
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Foto: istimewa
Gubernur Jabar Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) melalui Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jabar mengusulkan 15 kabupaten/kota Zona Biru (Level 2) sebagai daerah yang bisa menerapkan new normal atau di Jabar dikenal dengan istilah Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB).

Menurut Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Pemprov Jabar membagi AKB ini dalam lima tahapan. Tahap pertama adalah adaptasi di tempat ibadah, khususnya masjid. Setelah itu, daerah Zona Biru tersebut bisa masuk ke tahap kedua yaitu AKB di sektor ekonomi industri, perkantoran, dan pertanian. 

Baca Juga

"Setelah dievaluasi selama tujuh hari dan tidak ada anomali persebaran Covid-19, maka wilayah tersebut bisa masuk ke tahap ketiga yaitu AKB untuk mall dan retail atau pertokoan," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Selasa (2/6) petang.

Namun, menurut Emil, setiap pertokoan yang buka harus didampingi tim pengendali yang menjadi bagian dari gugus tugas. Di unit terkecil ini, tim yang mengawasi aktivitas pengunjung bisa pemilik toko maupun petugas keamanan. Mereka harus bertanggung jawab jika terjadi penularan di areanya dan diperkenankan menegur pembeli yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Sementara untuk mall tetap dengan kapasitas 50 persen dan menetapkan protokol kesehatan, kecuali untuk bioskop dan karaoke itu belum bisa (beradaptasi) karena ruangannya tidak aman," kata Emil.

Di tahap keempat atau satu bulan sejak pemberlakuan AKB tahap pertama, menurut Emil, barulah suatu daerah masuk ke pemulihan sektor pariwisata, dengan catatan tidak ditemukan kasus Covid-19 di tiga tahap sebelumnya. 

Nantinya, kata Emil, pihaknya untuk sementara tidak mengizinkan tempat pariwisata menerima wisatawan dari luar Jabar. Agar, jangan sampai pariwisata dibuka (di tahap keempat AKB), tiba-tiba datang tamu yang sejarah perjalanannya tidak bisa diketahui atau dari Zona Merah.

"Saya sudah sampaikan ke Bupati dan Walikota yang mayoritas ekonomi (daerahnya) dari pariwisata agar berhati-hati dalam membuat agenda (perencanaan)," tambahnya.

Tahap kelima, kata dia, adalah sektor pendidikan. Meski begitu, Kang Emil memastikan bahwa sektor pendidikan tidak akan pulih atau kembali ke sekolah dalam waktu dekat. "Untuk pendidikan saya sampaikan belum dibuka sekarang, masih dibahas, wacana yang mengemuka nanti Januari (2021) itu yang paling bisa kita perhitungkan," katanya.

Untuk membuka sektor pendidikan, menurut Emil, Pemprov Jabar membutuhkan waktu dan tidak boleh mengorbankan anak-anak. "Tapi kalau ada keputusan tidak di Januari, nanti kita sampaikan secara khusus," kata Emil. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement