Thursday, 18 Zulqaidah 1441 / 09 July 2020

Thursday, 18 Zulqaidah 1441 / 09 July 2020

Kiat dari Barista Membuat Frappe yang Sempurna

Rabu 03 Jun 2020 01:25 WIB

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Nora Azizah

Para barista asal Inggris memberikan sejumlah saran bagi pemula untuk meracik frappe (Foto: ilustrasi minuman frappe)

Para barista asal Inggris memberikan sejumlah saran bagi pemula untuk meracik frappe (Foto: ilustrasi minuman frappe)

Foto: Wallpaper Flare
Para barista asal Inggris memberikan sejumlah saran bagi pemula untuk meracik frappe.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Membuat frappe sendiri yang sempurna di rumah bukan sesuatu yang mustahil. Para barista asal London, Inggris, memberikan sejumlah saran bagi pemula untuk meracik minuman es kopi khas Yunani bersalut buih tersebut.

Baca Juga

Anson Goodge dari Ozone Coffee Roasters mengatakan titik awal yang baik adalah menyiapkan cold brew. Cara membuatnya, campurkan kopi bubuk sesuai selera dengan air dingin atau air suhu ruangan sejak malam sebelumnya, sekitar delapan jam atau lebih.

Jika kesibukan tidak memungkinkan persiapan semalaman, seduh kopi dengan air panas dan dinginkan dengan cara menuangkan langsung ke es baru. "Kami menyarankan satu bagian kopi untuk empat bagian air," kata Goodge, dikutip dari laman Standard, Rabu (3/6).

Dia menjelaskan, skala tersebut akan membuat rasa minuman lebih kuat sekaligus menetralkan es yang mengencerkan kopi. Untuk menyaring kopi, dia merekomendasikan penyaring dengan filter nilon, atau drippers kopi V60 dan Kalita.

Goodge mengatakan biji kopi yang digunakan tergantung kesukaan tiap orang. Untuk rasa kuat dengan sedikit aksen cokelat, ada biji kopi Amerika Selatan, seperti Brasil, Kolombia, dan Nikaragua. Sementara, biji kopi Ethiopia atau Kenya terasa fruity.

Rahasia lain yang dia bagikan yakni menyeduh cold brew dengan air tonik (minuman ringan berkarbonasi) dan seiris lemon. "Sedikit asam yang didapatkan dari lemon membuat frappe menjadi minuman musim panas yang menyegarkan," ujarnya.

Kepala barista di Rye By The Water, Angelos Papamichael, mengingatkan untuk menggunakan espresso dan susu berkualitas baik. Minuman dengan ukuran 8oz butuh 1,5 shot espresso, sedangkan 12oz minuman butuh dua shot espresso.

Sebelum membuat frappe, Papamichael mengingatkan bahwa susu dingin yang disimpan di kulkas tidak akan melebur dengan cepat sehingga lebih baik menuangkan espresso di bagian atasnya. Dia juga menyarankan marshmallow sebagai taburan akhir.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA TERKAIT

 

BERITA LAINNYA