Rabu 03 Jun 2020 03:03 WIB

Warga Cirebon Ramai Urus SIKM untuk ke Jakarta

Rata-rata tujuan warga mengurus SIKM di Cirebon untuk kembali lagi ke Jakarta.

Red: Nur Aini
Pelaksanaan tes swab massal untuk membuat SIKM, ilustrasi
Foto: Republika/Bayu Adji P
Pelaksanaan tes swab massal untuk membuat SIKM, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Cirebon, Jawa Barat, Edy Sugiarto mengatakan dalam beberapa hari terakhir ini banyak warga yang mengurus Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) agar bisa keluar daerah.

"Permintaan SIKM memang akhir-akhir ini meningkat dan tujuannya rata-rata untuk ke Jakarta," kata Edy di Cirebon, Selasa (2/6).

Baca Juga

Edy mengatakan setiap harinya ada puluhan warga Kota Cirebon yang mengajukan SIKM, di mana surat tersebut berguna untuk warga yang berada di perantauan ketika akan kembali lagi ke Jakarta. Untuk pembuatan SIKM sendiri, kata Edy, tergolong mudah, karena warga atau orang yang membutuhkan cukup meminta pengantar dari RT, RW dan Kelurahan yang kemudian dilanjutkan kepada Tim Gugus Tugas Covid-19.

"Pembuatan SIKM juga harus disertai dengan hasil rapid test Covid-19," ujarnya.

Namun, kata Edy, pemohon SIKM tersebut saat rapid test ternyata reaktif, maka langsung dilakukan swab terlebih dahulu dan ketika positif akan diisolasi.

Sementara seorang pemohon SIKM Yanto mengatakan, pembuatan SIKM ini untuk keperluan dia saat nanti akan kembali ke perantauan, agar bisa diperbolehkan dalam perjalanan. Saat ini, pihaknya tinggal menunggu hasil rapid test, di mana setelah hasilnya keluar, maka SIKM pun akan keluar.

"Tadi ikut rapid test untuk keperluan pembuatan SIKM, agar ketika nanti kembali ke perantauan bisa aman," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement