Selasa 02 Jun 2020 18:31 WIB

Garuda Indonesia Luncurkan Aplikasi Layanan Kargo KirimAja

Saat ini KirimAja dapat melayani pengiriman barang umum.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra
Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Direktur Utama (Dirut) Garuda Indonesia, Irfan Setiaputra

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Berusaha memaksimalkan peluang penerbangan logistik, maskapai Garuda Indonesia Group meluncurkan aplikasi layanan pengiriman barang digital bernama KirimAja. Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra mengatakan aplikasi yang bisa menjangkau pengiriman barang ke sejumlah destinasi penerbangan tersebut dilaksanakan oleh PT Aerojasa Cargo.

“Pandemi Covid-19 menuntut kami untuk semakin adaptif dan kreatif berakselerasi mengembangkan opportunity bisnis di era new normal, yang salah satunya kami kembangkan melalui bisnis layanan logistik dengan memperkenalkan KirimAja,” kata Irfan dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (2/6).

Baca Juga

Dia menjelaskan pengiriman barang tersebut dilayani dari sejumlah rute seluruh armada Garuda Indonesia dan Citilink Indonesia maupun pengiriman untuk wilayah Jabodetabek. Begitu juga wilayah antarkota lainnya yang didukung oleh layanan dari Aerojasa Cargo.

Irfan menilai, perkembangan pesat industri e-commerce di Indonesia serta munculnya tren baru pada era new normal, menjadikan sektor layanan logistik memiliki peran penting. Khususnya dalam menjembatani kebutuhan masyarakat akan layanan pengiriman barang secara cepat, tepat, dan efisien.

Dia mengharapkan, aplikasi tersebut dapat menjadi pilihan tersendiri bagi masyarakat maupun sektor UMKM yang membutuhkan layanan pengiriman barang secara daring yang didukung oleh layanan kargo udara yang terpercaya. “Ini baik dari sisi akurasi waktu pengiriman, keamanan paket, hingga tarif yang kompetitif,” tutur Irfan.

Dia memastikan layanan tersebut juga didukung oleh model bisnis berbasis komunitas dengan begitu semakin mendekatkan layanan kepada masyarakat. Selain itu juga diharapkan dapat memberikan dampak ekonomi kepada masyarakat yang bergabung sebagai agen pengiriman melalui program Sohib KirimAja.

“Saat ini telah terdapat agen Sohib KirimAja yang tersebar diseluruh wilayah Indonesia yang dapat melayani pengiriman barang sampai dengan alamat tujuan pengiriman,” ujar Irfan.

Dia mengatakan, layanan pengiriman barang pada saat ini tidak hanya menjadi kebutuhan transaksional semata, melainkan sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat di era borderless. Irfan mengatakan layanan tersebut dilengkapi berbagai fitur yang dapat diakses dengan mudah seperti reservasi, booking management, real time tracking, tracing, pengecekan tarif pengiriman, hingga pembayaran yang dapat dilakukan dengan virtual account.

“Aplikasi pendukung layanan KirimAja menawarkan konsep layanan one stop service untuk kebutuhan pengiriman paket ke seluruh Indonesia,” ungkap Irfan.

Saat ini KirimAja dapat melayani pengiriman barang umum, mulai dari produk fashion, barang elektronik, perlengkapan rumah tangga, makanan kering, hingga produk non-perishable lainnya.

Irfan menuturkan nantinya akan mengembangkan kapasitas layanan lainnya, khususnya untuk segmentasi pengiriman makanan dengan durasi pengiriman yang lebih singkat. Dia memastikan, aplikasi tersebut telah tersedia diseluruh platform mobile device dan dapat digunakan baik IOS maupun android.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement